Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/08/2013, 10:08 WIB
Rosmha Widiyani

Penulis


Kompas.com- Perjalanan mudik adalah perjalanan yang panjang karena kemacetan sudah pasti menghadang. Untuk menunjang stamina fisik, perlu disiapkan juga makanan dan minuman yang bisa menjadi sumber nutrisi namun aman.

Berikut beberapa kiat memilih asupan yang aman selama mudik:

1. Bekal yang dibuat dan dibawa dari rumah tentu lebih terjaga kebersihan dan rasanya. Namun jika pemudik tidak sempat memasak sendiri dan harus membeli di jalur mudik, pastikan memilih warung makan yang bersih.

2. Hindari membawa makanan mengandung santan, telur, susu, dan berkadar air tinggi. Bila membawa makanan seperti ini, pastikan habis dalam waktu kurang dari 4 jam karena lebih gampang basi.

3.  Makanan kering dalam kemasan seperti roti atau biskuit lebih tahan lama, tetapi pastikan tanggal kadaluwarsa tidak terlewat.

4. Untuk perjalanan yang panjang, hindari mengkonsumsi makanan pedas atau asam. Makanan berasa tajam ini dikhawatirkan membuat perut mulas dan kerap buang air. Kondisi ini tentu merugikan bagi pemudik yang ingin sampai kampung halaman dalam kondisi sehat.

5. Perbanyak buah dan sayur. Kandungan serat, vitamin dan mineralnya dapat meningkatkan daya tahan tubuh.  Buah yang dikonsumsi juga sebaiknya tidak berasa tajam. Meski menyegarkan, rasa asam dikhawatirkan membuat perut mulas dan menyebabkan pemudik tidak nyaman selama di perjalanan.

6. Hindari alkohol Hal ini berlaku bagi makanan dan minuman. Alkohol bisa menimbulkan mabuk dan juga rasa mengantuk. 

Sebelum makan pastikan untuk cuci tangan pakai sabun (CTPS) terlebih dulu. Kebiasaan CTPS mencega infeksi akibat virus dan bakeri, sehingga membantu pemudik tetap sehat saat mudik maupun ketika kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com