Kompas.com - 05/08/2013, 15:26 WIB
Desain ruang perawatan pasien masa depan NXT HealthDesain ruang perawatan pasien masa depan
|
EditorAsep Candra


KOMPAS.com -
Ruang perawatan pasien di berbagai rumah sakit rata-rata memiliki  desain yang hampir sama. Kamar tempat pasien dirawat inap biasanya penuh dengan beragam barang mulai dari tempat tidur, lemari, meja dan berbagai jenis peralatan medis.

Tinggal di ruang perawatan rumah sakit memang tak seperti di rumah, karena selalu saja ada hal yang membuat tak nyaman misalnya suara bising, atau suhu yang terlalu dingin dan beragam masalah lain.

Ruang perawatan pasien di rumah sakit juga terkadang tidak efektif karena sistem pelayanannya yang belum terpadu. Dokter dan petugas kesehatan lainnya tak bisa memantau dan mendapatkan info pada satu waktu tentang kemajuan pengobatan pasien. Kamar yang sempit juga membuat petugas kesehatan lupa melakukan prosedur standar sebelum memeriksa kondisi pasien, misalnya mencuci tangan.

Hal ini rupanya sudah dipikirkan Salley Whitman dari NXT Health, lembaga non-profit di AS.  NXT pun membuat rancangan kamar perawatan pasien masa depan yang diberi nama Patient Room 2020. Hasilnya, kamar tersebut tidak hanya menyenangkan, tapi juga memudahkan pelayanan kesehatan sehingga diharapkan memberi hasil lebih baik bagi pasien.

NXT Health Meja tempat makan pasien dapat dilipat dan dibalik sehingga berfungsi ganda sebagai tablet.

Ide Patient Room 2020 ini adalah teknologi serta peralatan kesehatan yang terdapat di dalamnya, yang  bisa juga digunakan di luar kamar. Kamar ini juga menyatukan berbagai pelayanan kesehatan yang ada.

Hasilnya adalah sebuah layar besar di dalam kamar yang dapat digunakan pasien dan penyedia layanan untuk mencari informasi tentang kesehatan pasien. Video konsultasi antara dokter, pemberi layanan, dan pasien juga bisa dilihat di luar rumah sakit. Hasil pemeriksaan harian dan software untuk mengukur tanda vital kehidupan dapat didownload kemudian diaplikasikan di rumah.

Hal penting lainnya adalah meja makan pasien yang dapat dilipat dan dibalik untuk beralih fungsi menjadi komputer tablet . Perangkat ini berformat besar dengan kontrol aktivasi suara, untuk meningkatkan akses kepada pasien dengan keterampilan terbatas.

NXT Health Kamar perawatan pasien tampak lebih luas dengan layar lebar interaktif yang akan memudahkan pasien dan dokter untuk berkomunikasi.

Tablet ini dapat digunakan untuk meminta pertolongan, memeriksa kemajuan pengobatan, dan mengontrol lingkungan sekitar, semisal suhu dan lampu. Gadget ini juga bisa digunakan untuk bermain, bicara dengan pasien lain, atau mengirimkan keluhan pelayanan.

Kamar ini juga memaksimalkan pelayanan kesehatan, misalnya wastafel yang berubah menjadi merah bila pemberi layanan belum mencuci tangan. Pada pasien usia lanjut diberi jalan langsung dari tempat tidur menuju kamar mandi. Jalan ini berlantai karet dengan pegangan yang bisa menyala di malam hari.

Dari penampilan fisik, Patient Room 2020 ini memiliki nuansa gadget iPhone. Hal ini tampak dari panel putih melengkung, yang dibungkus dengan fitur aluminium. Kamar ini tidak dipenuhi sudut kaku, sehingga mengurangi tempat bakteri dan kotoran lain bersembunyi.

Kamar ini memang tidak murah. Namun, kamar ini dapat meminimalkan biaya rumah sakit menanggung pengobatan pasiennya yang jatuh, atau terkena infeksi lain.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X