Kompas.com - 06/08/2013, 13:01 WIB
|
EditorAsep Candra


KOMPAS.com - Angkat beban terkesan lekat dengan olahraga pria. Faktanya, angkat beban merupakan salah satu jenis latihan kekuatan yang memiliki banyak manfaat, seperti membuat bentuk tubuh lebih baik dan lebih kuat. Sehingga, kaum wanita pun seharusnya mempertimbangkannya sebagai salah satu jenis olahraga rutin mereka.

Jika Anda masih ragu, simaklah beberapa alasan kenapa perempuan tetap perlu melakukan angkat beban :

1. Membakar lemak tubuh

Bukan hanya latihan kardio yang mampu Anda andalan untuk membakar lemak tubuh. Variasi dengan angkat beban justru akan membuat olahraga lebih efektif.

Menurut Lorna Jane, praktisi olahraga dari Australia, angkat beban membakar lebih banyak lemak daripada kardio. Alasannya, seusai melakukan angkat beban, tubuh masih aktif membakar kalori dan meningkatkan metabolisme tubuh hingga 48 jam setelahnya.

2. Menguatkan fisik

Setelah rutin melakukan angkat beban, Anda akan merasa lebih kuat sehingga lebih mudah melakukan jenis olahraga lainnya. Selain itu, Anda pun akan lebih ringan saat harus mengangkat beban berat. Ini tentu akan bermanfaat dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

3. Mencegah cedera

Angkat beban memperkuat otot dan tendon, sehingga mengurangi risiko cedera. Otot dan tendon yang kuat  penting artinya terutama saat tubuh beranjak menua, karena saat menginjak usia tua, seseorang menjadi lebih rentan cedera.

4. Mengurangi risiko kesehatan

Salah satu manfaat angkat beban yang mungkin masih belum banyak diketahui adalah memperbaiki kesehatan secara keseluruhan. Hal ini karena angkat beban dapat membantu memperbaiki proses metabolisme gula di dalam tubuh, sehingga mengurangi risiko diabetes tipe 2. Angkat beban juga mampu meningkatkan kepadatan tulang dan menurunkan tekanan darah.

5. Tubuh terlihat lebih kencang

Manfaat ini penting, khususnya bagi Anda yang telah berhasil mengurangi berat badan dan mendapati kulit bergelambir di beberapa bagian tubuh. Dengan melakukan angkat beban, otot akan terbentuk dan "mengisi" bagian yang bergelambir tadi. Sehingga tubuh menjadi lebih padat dan kencang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber LiveStrong
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.