7 Penyakit yang Lebih Sering Menyerang Wanita

Kompas.com - 07/08/2013, 11:07 WIB
shutterstock
|
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Wanita dan pria memiliki kondisi biologis dan fisiologis yang berbeda. Akibatnya ada beberapa kondisi kesehatan yang lebih mempengaruhi wanita dibanding pria, misalnya gangguan pola makan atau pun hormonal.

Hal yang sama juga terjadi pada penyakit autoimun yang lebih umum menyerang wanita dibanding pria. Misalnya saja penyakit lupus. Sekitar 9 dari 10 yang terkena penyakit ini adalah kaum wanita.

Berikut 7 penyakit yang belum diketahui pemicunya dan sayangnya ebih sering menyerang wanita.

1. Multipel sklerosis (MS)

Multipel sklerosis adalah penyakit gangguan pada sistem saraf pusat. Multiple Sclerosis Society melaporkan, MS diderita 2 juta orang di dunia. Angka ini dua sampai tiga kali lebih banyak pada wanita dibanding pria.
 
Beberapa dokter mengklasifikasikan MS sebagai penyakit autoimun. Hal ini dikarenakan tidak ada penyebab khusus yang teridentifikasi. Kebanyakan orang mengalami gejala MS pertama saat berusia 20 sampai 40 tahun.

Gejala MS bervariasi mulai dari kelumpuhan hingga kehilangan penglihatan. Pengobatan yang ada hanya mengurangi gejala yang timbul karena belum ada obat untuk menyembuhkan penyakit ini.

2. Lupus

Lupus adalah penyakit autoimun kronis dimana sel imun tubuh menyerang jaringan yang sehat sehingga memicu kerusakan pada kulit, sendi, dan organ. Gejalanya sangat banyak, tetapi kebanyakan pasien mengalami gejala sangat lelah, sakit kepala, rambut rontok, dan persendian bengkak.

Berdasarkan data Lupus Foundation of America, 90 persen penderita lupus adalah wanita. Namun penyakit ini jarang bisa didiagnosa di awal, sehingga penderita biasanya sudah terkena dampaknya untuk waktu yang lama.

3. Sindrom kelelahan kronis (chronic fatigue syndrome)

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X