Kompas.com - 10/08/2013, 08:51 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com — Manfaat bawang putih ternyata tidak sekadar menambah nikmat aroma masakan. Bawang putih juga mengurangi risiko terkena kanker paru-paru.

Studi yang dilakukan di China ini menemukan, orang dewasa yang biasa mengonsumsi bawang putih mentah dua kali seminggu, risikonya terkena kanker paru 44 persen lebih rendah. Bahkan ketika faktor merokok dimasukkan dalam gaya hidup, risiko kanker paru turun 30 persen.

Riset dilakukan tim dari Jiangsu Provincial Centre for Disease Control and Prevention. Para peneliti membandingkan kesehatan 1.424 pasien kanker paru dengan 4.500 orang dewasa sehat.

Peneliti menanyakan gaya hidup dan pola makan para responden. Termasuk seberapa sering mengonsumsi bawang putih dan apakah responden merokok. Hasil penelitian ini dimuat dalam jurnal Cancer Prevention Research.   

Riset sebelumnya juga menyatakan, bawang putih bisa melindungi paru terhadap berbagai kondisi. Salah satunya kondisi tumor seperti kanker usus besar.

Tidak jelas apakah bawang putih yang sudah dimasak memiliki efek yang sama. Namun, penelitian sebelumnya menyatakan senyawa kimia antikanker dalam bawang putih, allicin, bisa terurai saat siung bawang terpotong.

Allicin juga berfungsi untuk menurunkan inflamasi dan berperan sebagi antioksidan sehingga mngurangi bahaya radikal bebas pada sel tubuh. Manfaat lain bawang putih adalah menangkis bakteri kebal obat dan malaria.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.