Kompas.com - 10/08/2013, 16:40 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:
 
Dokter, benarkah ibu hamil dengan mata minus yang tinggi bila melahirkan nanti harus dengan operasi sesar? Mata saya kanan min 7, kiri min 4 silinder 2,5. Dan apa ibu hamil yang telah lasik mata karena minus diperbolehkan untuk melahirkan normal? Mohon penjelasannya dok, terimakasih
Eka (26), Semarang
 

JAWAB:

Ibu Eka Yth,
Sejauh ini belum ada kesepakatan yang baku tentang mata minus tinggi untuk persalinan normal. Seperti kita ketahui pada saat mengejan akan terjadi peningkatan tekanan intracranial (tekanan di dalam kepala) yang dikhawatirkan retina lepas dan akhirnya terjadi kebutaan.

Untuk itu mungkin ada baiknya pada kehamilan trimester 3 dikonsulkan dulu ke dokter mata untuk menilai matanya dan kita mintakan pendapatnya untuk proses persalinan normal.
Semoga lancar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.