Kompas.com - 12/08/2013, 09:38 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Minum dua cangkir cokelat panas setiap hari bisa menjadi cara yang enak untuk mencegah penyakit demensia. Manfaat tersebut diperoleh dari antioksidan yang memang banyak terdapat dalam minuman buah kako ini.

Para peneliti dari Universitas Harvard menyebutkan, flavonoid, antioksidan dalam cokelat akan membantu melancarkan aliran darah. Penelitian yang mereka lakukan menunjukkan, pada orang lanjut usia minum cokelat panas membantu mencegah demensia.

Demensia adalah gangguan yang menimbulkan kerusakan progresif pada sistem saraf yang akan menghasilkan kumpulan gejala. Beberapa ciri demensia yang paling umum adalah penurunan daya ingat, penalaran, menilai, serta berbahasa.

Menjaga aliran darah tetap lancar sehingga oksigen dan glukosa yang merupakan energi otak, sangat penting untuk mempertahankan fungsi kognitif.

Penelitian tersebut melibatkan 60 responden berusia rata-rata 73 tahun. Mereka tidak menderita demensia meski 18 orang mengalami gangguan aliran darah di awal studi yang diukur berdasarkan gelombang suara.

Setelah rutin minum cokelat panas, para responden yang mengalami gangguan aliran darah tersebut meunjukkan peningkatan sirkulasi darah yang diikuti dengan peningkatan kerja memori otak.

Tetapi pada responden yang sirkulasi darahnya sejak awal memang normal, cokelat panas tidak terlalu berpengaruh dalam peningkatkan kemampuan kognitif.

"Kami mempelajari lebih dalam tentang aliran darah ke otak dan pengaruhnya pada kemampuan berpikir. Karena berbagai area di otak butuh lebih banyak energi untuk bisa bekerja optimal, maka diperlukan aliran darah yang sangat lancar," kata Dr.Farzaneh Sorond, dari Harvard Medical School.

Meski penelitian menunjukkan flavonoid dalam cokelat bisa mencegah penyakit demensia, tetapi riset tidak menunjukkan perbedaan antara mereka yang minum cokelat kaya flavonoid dengan minuman rendah flavonoid.

Hal tersebut berarti kandungan lain dalam cokelat panas mungkin juga berpengaruh terhadap fungsi otak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.