Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Demensia dengan Dua Cangkir Cokelat Panas

Kompas.com - 12/08/2013, 09:38 WIB
Rosmha Widiyani

Penulis


Kompas.com - Minum dua cangkir cokelat panas setiap hari bisa menjadi cara yang enak untuk mencegah penyakit demensia. Manfaat tersebut diperoleh dari antioksidan yang memang banyak terdapat dalam minuman buah kako ini.

Para peneliti dari Universitas Harvard menyebutkan, flavonoid, antioksidan dalam cokelat akan membantu melancarkan aliran darah. Penelitian yang mereka lakukan menunjukkan, pada orang lanjut usia minum cokelat panas membantu mencegah demensia.

Demensia adalah gangguan yang menimbulkan kerusakan progresif pada sistem saraf yang akan menghasilkan kumpulan gejala. Beberapa ciri demensia yang paling umum adalah penurunan daya ingat, penalaran, menilai, serta berbahasa.

Menjaga aliran darah tetap lancar sehingga oksigen dan glukosa yang merupakan energi otak, sangat penting untuk mempertahankan fungsi kognitif.

Penelitian tersebut melibatkan 60 responden berusia rata-rata 73 tahun. Mereka tidak menderita demensia meski 18 orang mengalami gangguan aliran darah di awal studi yang diukur berdasarkan gelombang suara.

Setelah rutin minum cokelat panas, para responden yang mengalami gangguan aliran darah tersebut meunjukkan peningkatan sirkulasi darah yang diikuti dengan peningkatan kerja memori otak.

Tetapi pada responden yang sirkulasi darahnya sejak awal memang normal, cokelat panas tidak terlalu berpengaruh dalam peningkatkan kemampuan kognitif.

"Kami mempelajari lebih dalam tentang aliran darah ke otak dan pengaruhnya pada kemampuan berpikir. Karena berbagai area di otak butuh lebih banyak energi untuk bisa bekerja optimal, maka diperlukan aliran darah yang sangat lancar," kata Dr.Farzaneh Sorond, dari Harvard Medical School.

Meski penelitian menunjukkan flavonoid dalam cokelat bisa mencegah penyakit demensia, tetapi riset tidak menunjukkan perbedaan antara mereka yang minum cokelat kaya flavonoid dengan minuman rendah flavonoid.

Hal tersebut berarti kandungan lain dalam cokelat panas mungkin juga berpengaruh terhadap fungsi otak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com