8 Alasan Tak Terduga Penyebab Susah Tidur

Kompas.com - 15/08/2013, 08:12 WIB
shutterstock
|
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Stres disebut-sebut sebagai penyebab utama mengapa orang sulit tidur. Tetapi sebenarnya ada hal-hal yang tampaknya sepele yang bisa membuat kita terjaga hingga larut malam dan sulit memejamkan mata.

Berikut adalah penyebab tak terduga yang bisa membuat kita sulit tidur.

1. Tidur telat di akhir pekan

Akhir pekan sering kita manfaatkan untuk "balas dendam" dengan bangun siang atau tidur kelewat malam. Namun para ahli mengatakan kebiasaan tersebut dapat mengacaukan ritme biologi sehingga menyebabkan tubuh seperti melampaui zona waktu. Akibatnya, di hari senin kita seperti mengalami "jet lag".

2. Bulan purnama

Siklus bulan ternyata ikut berpengaruh pada pola tidur. Dalam sebuah penelitian berskala kecil, para peneliti menemukan saat bulan purnama seseorang tidur lebih sebentar dan kurang nyenyak dibanding biasanya.

3. Suhu terlalu dingin atau panas

Suhu ruangan yang terlalu dingin atau pun terlalu panas tentu membuat kita sulit tidur.

4. Terlalu tenang

Memang tak mungkin kita tidur dalam suasana bising. Tetapi ruangan yang terlalu tenang dapat membuat suara sekecil apapun akan mengganggu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X