Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Perlu Makan Sebelum dan Sesudah Olahraga?

Kompas.com - 15/08/2013, 09:44 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

Sumber LiveStrong

KOMPAS.com - Olahraga memiliki manfaat untuk meningkatkan metabolisme sehingga mampu untuk membakar kalori lebih banyak di dalam tubuh. Meski demikian, asupan energi untuk melakukan gerakan-gerakan olahraga juga tak boleh dilewatkan.

Olahraga membutuhkan energi, apalagi jenis olahraga yang Anda lakukan merupakan olahraga berat. Untuk mendapatkan energi yang optimal saat berolahraga, Anda butuh makan sebelumnya.

Energi sebenarnya tak harus berupa makanan. Tubuh pun memiliki cadangan energi yang disebut dengan glikogen. Saat dibutuhkan, glikogen akan dikonversi menjadi energi. Itulah sebabnya sebagian orang bisa berolahraga tanpa makan sebelumnya.

Makan sebelum olahraga merupakan aksi untuk mendapat tambahan energi sehingga mampu berolahraga lebih baik. Hanya saja, tidak semua makanan baik dimakan sebelum olahraga. Sebaiknya pilihlah makanan rendah lemak dan tinggi protein. Dan makanlah dua hingga tiga jam sebelum memulai olahraga atau satu jam jika hanya makan porsi kecil.

Setelah berolahraga pun bukan berarti Anda tidak membutuhkan energi lagi. Olahraga membakar glikogen yang merupakan "isi" dari otot. Sehingga setelahnya, Anda harus segera menggantinya dengan asupan makanan yang tepat.

Menurut JJ Vigrin, pakar nutrisi dan fitnes asal Amerika Serikat, makan setelah olahraga penting untuk proses yang dinamakan perbaikan otot atau sistesis kembali protein otot. Tubuh pun membutuhkan asupan karbohidrat untuk mengisi kembali energi otot dan protein untuk membantu membangun kembali otot-otot.

"Satu jam pertama sehabis olahraga adalah periode emas pembentukan otot-otot, sehingga saat ini adalah saat terbaik untuk mengasup nutrisi yang dibutuhkan dalam proses itu," jelasnya.

Meski karbohidrat direkomendasikan, namun sebaiknya hindari fruktosa sebagai sumber karbohidrat. Virgin menuturkan, fruktosa dapat memperlambat pembakaran lemak pascaolahraga. Maka hindari minuman-minuman bersirup atau jus buah setelah berolahraga.

Sebaliknya, pilihlah karbohidrat kompleks dengan kombinasi protein, serat, dan lemak sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com