Mengapa Perlu Makan Sebelum dan Sesudah Olahraga?

Kompas.com - 15/08/2013, 09:44 WIB
shutterstock
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Olahraga memiliki manfaat untuk meningkatkan metabolisme sehingga mampu untuk membakar kalori lebih banyak di dalam tubuh. Meski demikian, asupan energi untuk melakukan gerakan-gerakan olahraga juga tak boleh dilewatkan.

Olahraga membutuhkan energi, apalagi jenis olahraga yang Anda lakukan merupakan olahraga berat. Untuk mendapatkan energi yang optimal saat berolahraga, Anda butuh makan sebelumnya.

Energi sebenarnya tak harus berupa makanan. Tubuh pun memiliki cadangan energi yang disebut dengan glikogen. Saat dibutuhkan, glikogen akan dikonversi menjadi energi. Itulah sebabnya sebagian orang bisa berolahraga tanpa makan sebelumnya.

Makan sebelum olahraga merupakan aksi untuk mendapat tambahan energi sehingga mampu berolahraga lebih baik. Hanya saja, tidak semua makanan baik dimakan sebelum olahraga. Sebaiknya pilihlah makanan rendah lemak dan tinggi protein. Dan makanlah dua hingga tiga jam sebelum memulai olahraga atau satu jam jika hanya makan porsi kecil.

Setelah berolahraga pun bukan berarti Anda tidak membutuhkan energi lagi. Olahraga membakar glikogen yang merupakan "isi" dari otot. Sehingga setelahnya, Anda harus segera menggantinya dengan asupan makanan yang tepat.

Menurut JJ Vigrin, pakar nutrisi dan fitnes asal Amerika Serikat, makan setelah olahraga penting untuk proses yang dinamakan perbaikan otot atau sistesis kembali protein otot. Tubuh pun membutuhkan asupan karbohidrat untuk mengisi kembali energi otot dan protein untuk membantu membangun kembali otot-otot.

"Satu jam pertama sehabis olahraga adalah periode emas pembentukan otot-otot, sehingga saat ini adalah saat terbaik untuk mengasup nutrisi yang dibutuhkan dalam proses itu," jelasnya.

Meski karbohidrat direkomendasikan, namun sebaiknya hindari fruktosa sebagai sumber karbohidrat. Virgin menuturkan, fruktosa dapat memperlambat pembakaran lemak pascaolahraga. Maka hindari minuman-minuman bersirup atau jus buah setelah berolahraga.

Sebaliknya, pilihlah karbohidrat kompleks dengan kombinasi protein, serat, dan lemak sehat.


Sumber LiveStrong
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X