Kiat Batasi Pemakaian Gula dan Garam dalam Masakan

Kompas.com - 15/08/2013, 13:09 WIB
shutterstock
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Kesadaran masyarakat akan pola makan yang sehat membuat raksasa industri makanan seperti PepsiCo atau McDonals terpaksa tunduk pada keinginan konsumen akan menu makanan yang sehat.

Perusahaan makanan cepat saji pun kini mulai mengubah komposisi resep mereka dengan mengurangi kandungan gula, garam, bahkan lemak. Kini, makanan yang dicari konsumen bukan hanya yang rasanya enak tapi juga sehat.

Tetapi tak mudah bagi kebanyakan orang yang lidahnya sudah terlanjur akrab dengan gula, garam, dan lemak, untuk makan makanan yang minim rasa. Meski begitu kita bisa mulai memprogram ulang lidah kita dengan mulai membiasakan diri mengonsumsi makanan segar dan tidak terlalu banyak pemprosesan.

Berikut 10 tip sederhana yang bisa kita lakukan.

1. Olah dengan tepat
Cukup banyak bahan makanan yang sebenarnya memiliki rasa manis. Dengan pengolahan yang tepat kita bisa mengeluarkan rasa manis tersebut, misalnya dengan cara direbus sebentar atau dipanggang.

2. Bumbu herbal

Jangan ragu gunakan aneka bumbu. Apalagi negeri kita kaya akan rempah yang bisa menambah cita rasa masakan tanpa perlu penambah rasa lagi.

3. Tambahkan asam lemak sehat

Asam lemak sehat ditemukan dalam alpukat, kelapa dan tahini. Kandungan ini tidak hanya memperkaya rasa, tapi juga membuat hidangan bertekstur creamy dan lezat.

4. Timbulkan rasa gurih

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X