Kompas.com - 19/08/2013, 12:09 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com -  Setiap anak lahir dengan kemampuan berbeda yang mengesankan. Keunggulan ini ada pada tiap anak, tak terkecuali anak penyandang autisme.

Anak-anak dengan autisme dan memiliki tingkat kecerdasan (IQ) rata-rata ternyata lebih unggul dalam bidang matematika dibandingkan dengan anak normal dengan nilai iQ yang sama.

Keunggulan dalam bidang matematika pada anak autisme ini terkait dengan pola aktivasi pada area tertentu dalam otak mereka. Pada anak normal area tersebut dikaitkan dengan kemampuan mengenali wajah dan objek visual.

"Pola yang unik dalam organisasi otak ini membuat anak-anak autisme lebih unggul dalam hal pemecahan masalah matematika," kata peneliti senior dari Stanford University, Vinod Menon.

Penelitian yang dilakukan Menon ini melibatkan 18 anak autisme berusia 7-12 tahun dan 18 anak tanpa autisme berusia sama. Semua responden menunjukkan keterammpilan membaca dan verbal normal dalam tes standar. Tetapi anak autisme lebih unggul dalam tes matematika.

Selain itu seluruh responden diminta mengejerjakan soal-soal metematika sementara aktivitas otaknya dipantau dengan Magnetic Resonance Imaging (MRI).

Hasil scan pada anak dengan autis menunjukkan pola yang tidak biasa pada area ventral temporal occipital cortex. Area ini bertanggung jawab dalam hal mengingat wajah dan objek visual lainnya.

Menon mengatakan, anak autisme terkadang menunjukkan bakat tidak biasa. Misalnya mereka secara spontan dapat menyebut hari dalam minggu di tahun yang disebut secara acak. Sementara anak-anak lain lebih unggul dalam kemampuan matematika.

"Mengingat tanggal mungkin tidak membantu kemampuan akademik dan kesuksesan profesional. Namun kemampuan mengatasi masalah matematis dan mengembangkan keahlian tersebut bisa membuat perbedaan besar dalam kehidupan anak dengan auti," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.