Kompas.com - 20/08/2013, 15:06 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com — Antioksidan memang naik daun sebagai zat ajaib yang mampu mencegah berbagai penyakit mematikan seperti jantung dan kanker. Meski banyak suplemen yang mengandung antioksidan, sebenarnya kita bisa mendapatkannya dari makanan sehari-hari.

Banyak makanan sehari-hari yang kaya akan vitamin dan komponen antikanker. Dikonsumsi sendiri atau sebagai pendamping, makanan dan minuman ini berefek positif bagi kesehatan bila dikonsumsi secara rutin dalam jumlah cukup.

1. Cokelat hitam

Biji cokelat kaya antioksidan, terutama cokelat hitam dibanding dengan cokelat lain. "Biji cokelat yang segar dari pohon sangat kaya flavonol," tulis laporan sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Cosmetic Dermatology pada 2009.

Kandungan flavanol sebagai antikanker dalam cokelat hampir sama dengan teh hijau. Namun, kandungan ini berkurang selama proses produksi cokelat dalam pabrik.

2. Buah berry

Buah berry yang berwarna gelap atau biru, misalnya bluberry atau blackberry, memiliki antioksidan yang tinggi. Kandungan ini mencegah penurunan kemampuan mental pada wanita yang mulai lanjut usia.

"Semakin banyak mengkonsumsi berry akan membantu memelihara ingatan saat bertambah tua," kata peneliti dari  Brigham dan Women's Hospital and Harvard Medical School, Elizabeth Devore.

3. Teh hijau

Teh hijau kaya polifenol yang merupakan salah satu bentuk antioksidan dan memberikan rasa pahit pada teh. Antioksidan pada teh kemungkinan lebih tinggi dibanding pada vitamin C.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.