Memanfaatkan Madu untuk Pelangsingan Tubuh

Kompas.com - 30/08/2013, 15:47 WIB
Ganti gula dengan madu. shutterstockGanti gula dengan madu.
|
EditorAsep Candra


KOMPAS.com -
Madu sudah lama dikenal sebagai makanan yang kaya akan manfaat kesehatan. Cairan yang diproduksi lebah ini dapat menyediakan beragam khasiat mulai dari antibiotik alami hingga zat antioksidan.

Madu juga menyediakan nutrisi yang dapat mencukup kebutuhan energi bagi tubuh untuk aktivitas sehati-hari. Dengan kelebihan iniah, madu layak dilirik sebagai suplemen makanan untuk membantu keberhasilan program penurunan berat badan.

Menurut ahli pengobatan natural dan holistik, dr. Ivan Hoesada, konsumsi madu ideal untuk program diet, mengingat kandungan utamanya yaitu karbohidrat sebagai sumber energi. Dengan konsumsi madu, porsi makan bisa dikurangi, tanpa mempengaruhi kecukupan energi.

Dalam madu terkandung 82,4 persen gula, yang tersedia dalam bentuk glikogen. Bentuk ini, lanjut Ivan, dapat langsung digunakan sebagai bahan bakar energi tanpa perlu diubah terlebih dulu.

Pada setiap penyajiannya, Ivan menyaranan madu agar tidak langsung dikonsumsi melainkan diencerkan terlebih dulu. Hal ini untuk menghindarkan rasa serik atau tak nyaman pada tenggorokan apabila cairan madu yang kental langsung ditelan.  Saran Ivan, setiap satu sendok makan madu diencerkan dalam sekitar 250 mililiter air.

Untuk membantu program pelangsingan, sebaiknya madu dikonsumsi sebelum menyantap hidangan. Madu dapat dikonsumsi hingga tiga kali sehari sesuai jadwal makan.

Selain madu, Ivan menyarankan pelaku diet tetap mematuhi jurus 3 J dalam pola makannya. Jurus ini adalah tepat jadwal, jumlah (kalori), dan jenis (keragaman) makanan.

"Jangan lupa untuk konsumsi makanan kaya serat dan nutrisi lainnya, terutama sayur dan buah. Konsumsi sayur, buah, ditambah madu menjamin kebutuhan energi. Tanpa perlu menambah porsi konsumsi karbohidrat dan lemak," kata Ivan pada media forum HDI Menguak Fakta dan Mitos dari Produk Perlebahan untuk Kesehatan Manusia pada Jumat (30/8/2013) di Jakarta.

Hal senada dikatakan Brandon Chia, Chairman of HDI Group Companies, perusahaan yang bergerak di bidang produk perlebahan. "HDI percaya pentingnya diet sehat untuk mempertahankan kualitas hidup. Produk perlebahan, madu misalnya, bisa membantu masyaratkan mewujudkan pola hidup sehat," ujarnya.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X