Kompas.com - 07/09/2013, 13:07 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Meski obat pereda nyeri tergolong obat yang mudah dibeli secara bebas, namun penggunaan obat ini bisa menyebabkan berbagai efek samping berbahaya.

Para ahli menyebutkan, sebenarnya manfaat dan risiko dari obat pereda nyeri hampir sama. Sebelum minum obat pereda nyeri jadi kebiasaan, ada baiknya Anda mengetahui apa saja efek samping dari obat pereda nyeri.

- Pereda nyeri jenis ibuprofen
Sebuah penelitian menemukan, para pelari yang minum obat pereda nyeri jenis ibuprofen sebelum lari marathon memiliki risiko gangguan jantung, kram perut, dan komplikasi ginjal lebih besar.

- Pereda nyeri parasetamol
Penelitian menunjukkan, obat ini dapat mengakibatkan kerusakan liver yang parah, meski dalam dosis yang sebelumnya dianggap aman. Risiko paling besar terutama jika obat ini dicampurkan  dengan beberapa minuman.

- Krim pereda nyeri
Balsem untuk meringankan pegal otot serta nyeri sendi yang mengandung kombinasi mentol dan metilsalisilat juga dapat menyebabkan luka bakar kimia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.