Benarkah Kopi Cegah Kejang pada Anak?

Kompas.com - 09/09/2013, 15:25 WIB
shutterstock
EditorLusia Kus Anna

TANYA:
 
Dok , seneng banget bisa nemuin forum ini. Anak saya yang berumur 6 bulan kemarin kejang atau kata orangtua step. Pertanyaannya, apakah benar air kopi bisa mencegah step? Apakah step berbahaya dan apa yang sebaiknya dilakukan jika itu terjadi.
Bisri Mustafa, Tuban

JAWAB :

Step atau istilah yang benar adalah kejang demam adalah suatu kondisi terjadinya kejang akibat lepas muatan listrik yang disebabkan oleh demam. Kejang demam terdiri dari dua jenis, yaitu kejang demam sederhana (hanya terjadi 1x kejang dalam episode demam) dan kejang demam kompleks (lebih dari 1x kejang dalam 1 episode demam).

Sebagian besar kejang demam adalah kejang demam sederhana yang relatif tidak berbahaya dalam arti tidak menimbulkan komplikasi yang fatal. Namun kejang demam ini dapat berulang kembali disaat si kecil menderita demam.

Sampai saat ini tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa kopi dapat mencegah kondisi ini pada anak. Terapi yang paling penting adalah mencegah suhu tubuh meningkat/demam dengan memberikan obat penurun demam, minum yang cukup serta kompres seluruh tubuh dengan air hangat.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X