Kompas.com - 11/09/2013, 13:54 WIB
|
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Tempat yang tampaknya bersih, ternyata belum tentu aman dari kuman. Riset membuktikan, beberapa barang dalam rumah tangga yang terlihat bersih, justru kotor. Hal sebaliknya terjadi pada tempat yang dikira kotor.   

Game console, sepeda, dan mainan anak lainnya ternyata mengandung lebih banyak bakteri dibanding dudukan toilet. Peralatan game mengandung bakteri lima kali lebih banyak dibanding dudukan toilet. Jenis bakteri yang mendominasi adalah Escherichia coli, APC, dan Enterobacteriaceae.

Mainan trampolin memiliki kuman paling banyak, dengan 640 ribu per 100 sentimeter persegi. Sementara sepeda dan bola menunjukkan angka 14 ribu per 100 sentimeter persegi. Sedangkan Dudukan toilet hanya mengandung 1.600 kuman per 100 sentimeter persegi.

Untuk game controller, angka kontaminasi mencapai 7.863 per 100 sentimeter persegi. Riset yang dilakukan Domestos dan Unicef ini mengindikasikan jumlah yang 5 kali lebih banyak, dibanding dudukan toilet. Sedangkan boneka beruang teddy bisa mengandung 2.549 kuman per 100 sentimeter persegi.

Sofa menjadi lokasi lain yang harus diwaspadai. Lengan sofa terkontaminasi kuman 12 kali lebih banyak dibanding dudukan pada toilet. Sedangkan untuk pegangan kulkas, jumlahnya mencapai 7.474 kuman per 100 sentimeter persegi.

Menghadapi kondisi ini, menjaga kebersihan menjadi benteng utama. "Cuci tangan menjadi cara paling efektif dan sederhana mengurangi pengaruh kuman," kata Dr. Lisa Ackerley.

Lisa mengatakan, keamanan ada di tangan setiap orang. Tangan yang bersih mencegah perpindahan kuman. Kebersihan juga mencegah diri sendiri tertular penyakit dari orang lain.

Hasi penelitian ini juga menjadi tanda pentingnya menjaga kebersihan alat permainan dan rumah tangga . "Ingat permainan anak bahkan lebih kotor dibanding dudukan toilet," kata Clemence Brunet dari Domestos.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Dailymail


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.