Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Berkemih Saat Berada di Ruang Ber-AC, Gejala Apa?

Kompas.com - 16/09/2013, 09:38 WIB


TANYA :

Dok, saya mempunyai masalah akhir-akhir ini yaitu saya sering sekali buang air kecil, terutama ketika saya banyak minum air putih dan berada di ruangan berpendingan udara/AC. Air seni saya keluarnya banyak dan berwarna putih bening. Kalau terasa mau kencing rasanya seperti kebelet yang tak tertahankan seperti orang anyang-anyangan namun keluarnya banyak. Hal ini membuat saya jadi serba salah. Kalau saya kurang minum takut dehidrasi, tetapi kalau saya banyak minum saya harus bolak balik toilet berkali-kali. Sebenarnya gejala apakah ini, apakah saya menderita penyakit tertentu. Terima kasih.

(Afi, 30, Jakarta)
 


JAWAB :

Saudara Afi di Jakarta

Banyak minum, kemudian banyak pula buang air kecil, tanpa ada keluhan dan gejala lain adalah normal. Ini karena tubuh melaluii mekanisme yang cukup rumit berusaha  mempertahankan keadaan seimbang, termasuk cairan tubuh. Bayangkan kalau mekanisme ini terganggu, air akan menumpuk dalam tubuh Anda.

Kemudian, perlu Saudara ketahui adalah bahwa, rangsangan ingin ke belakang, buang air kecil terjadi akibat penumpukan air seni yang dihasilkan dari filtrasi ginjal dalam kandung kemih Anda sudah cukup mengakibatkan reflex berkemih. Biasanya volume air kemih antara 250-600 cc dalam kandung kemih Anda akan mendorong Anda untuk buang air kecil.

Dan, dalam keadaan normal, orang dewasa menghasilkan volume urin sekitar 1500 cc setiap hatinya, kira-kira 5-6 kali sehari akan berkemih. Tetapi banyak faktor lain yang menentukan  total jumlah urin Anda itu. 

Makanan dan minuman yang Anda konsumsi, termasuk jenis dan jumlahnya. Seperti pada kasus Saudara,  karena Anda banyak minum, urin Anda juga otomatis akan lebih banyak. Kebiasaan minum kopi, teh, coklat, minuman soda, makanan, minuman yang manis, obat-obatan, gaya hidup, cuaca,  bahkan stress  juga akan menentukan volume urin dan kebiasaan ke belakang Anda.

Jadi, Anda tidak perlu cemas dengan jumlah air seni yang banyak itu, kecuali ada keluhan, dan gejala lain seperti sangat haus, banyak makan, penurunan berat badan, lemah, rasa sakit waktu buang air kecil, Anda sebaiknya konsultasi lebih lanjut.

Terimakasih
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com