Kompas.com - 29/09/2013, 15:37 WIB
|
EditorAsep Candra


KOMPAS.com -
Pascaserangan stroke, umumnya seseorang mengalami kecacatan pada kemampuan kognitifnya. Namun dengan latihan yang rutin, dampak kecacatan bisa diperbaiki.

Menurut pakar kesehatan jiwa dari RS Jiwa Dharmawangsa dr Agnes Tineke, SpKJ, khususnya untuk kemampuan berbicara, wanita cenderung untuk lebih cepat pulih ketimbang pria. Ini berhubungan dengan umumnya wanita lebih cerewet dari pria.

"Wanita memiliki struktur otak dan hormon yang membuat mereka umumnya lebih cerewet dari pria, meski tidak berlaku secara universal," ujarnya di sela-sela seminar awam peduli kesehatan jiwa, Sabtu (28/9/2013) di Jakarta.

Wanita, jelas Agnes, memiliki hormon estrogren yang mempengaruhi kemampuannya untuk lebih banyak berbicara. "Meskipun tidak secara langsung, tetapi hormonal bisa berperan dalam kemampuan berbicara," ungkapnya.

Selain itu, wanita juga memiliki bagian otak yang disebut insula dan gyrus cingulata yang lebih lebar dan aktif. Struktur yang lebih lebar dari kedua bagian otak tersebut, mempengaruhi kemampuan berbahasa menjadi lebih baik.

Insula, sebenarnya merupakan bagian dari korteks serebral (bagian otak yang merupakan tempat sel-sel saraf) yang terlipat jauh di dalam area antara lobus temporal dan lobus frontal. Umumnya insula dikenal bertanggung jawab untuk mendeteksi perkembangan dan keinginan seksual.

Sementara gyrus cingulata terletak di bawah kulit otak yang berperan dalam aktivitas emosi.

Kendati demikian, Agnes menekankan, kemampuan pemulihan pascastroke tergantung pula pada tingkat keparahan stroke yang diderita. "Tergantung dari posisi pecahnya pembuluh darah dan berapa banyak pembuluh darah yang pecah," tandasnya.

Penelitian menunjukkan, kecepatan dalam penangan stroke merupakan kunci mengurangi kecacatan pascastroke. Semakin cepat dokter memberikan antikoagulan darah, maka semakin cepat pula darah mengalir kembali ke otak sehingga mencegah kerusakan permanen, ungkap para peneliti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.