Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/10/2013, 10:24 WIB
Asep Candra

Editor


TANYA :

Selamat malam Dok. Kenapa dari dulu sampai sekarang saya selalu merasa dibicarakan orang lain dan ini bukan pembicaraan yang positif yang saya rasa, tapi negatif. Saya merasa minder Dok. Memang, banyak yang selalu membicarakan atau ngegosipin saya sampai saya ngeblank dan tidak fokus dalam melakukan sesuatu. Dan anehnya, saya selalu merasa digosipin orang lain yang terus terngiang di telinga saya. Setiap waktu selalu mendengar orang sedang membicarakan atau menjelek-jelekan saya. Apakah saya sakit jiwa dok ?

(Nana, 20, Bogor)

 

JAWAB :

Nana yang baik,  

Pertama yang harus diperhatikan apakah perasan dibicarakan orang ini memang kenyataan adanya atau hanya perasaan Nana saja. Inilah hal yang penting diperhatikan supaya kita bisa memahami apakah sebenarnya keadaan dibicarakan itu adalah bagian dari Waham atau benar adanya.

Waham adalah suatu keyakinan yang salah dan dipertahankan walaupun sudah diberikan bukti-bukti yang menyangkal keyakinan tersebut. Keyakinan dalam waham tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan, sosial dan budaya orang tersebut.

Ini perlu diperhatikan baik-baik apalagi Nana mengatakan kalau ada orang yang membicarakan itu sampai teringang-ngiang di telinga.

Apakah mungkin ini suatu halusinasi? Saran saya Nan harus memeriksakan diri Nana ke psikiater. Semoga bermanfaat.

Salam sehat jiwa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com