Kompas.com - 23/10/2013, 09:23 WIB
|
EditorAsep Candra

KOMPAS.com -
Seiring pertambahan usia, risiko wanita mengalami osteoporosis semakin besar. Risiko bakal semakin meningkat saat wanita mengalami menopause..

Osteoporosis adalah ancaman serius bagi kesehatan wanita. Di seluruh dunia satu dari tiga wanita berusia lebih dari 50 tahun menderita patah tulang karena osteoporosis,” kata President International Osteoporosis Foundation, John Kanis.

Sayangnya, hingga saat ini banyak wanita di dunia yang tidak menyadari besarnya risiko dan dampak osteoporosis. Kanis mengatakan, wanita usia 45 tahun menghabiskan waktu lebih banyak di rumah sakit karena osteoporosis. Lamanya waktu perawatan lebih panjang dibanding penyakit lain seperti diabetes, serangan jantung, atau kanker payudara.

Patah tulang akibat osteoporosis dapat mengakibatkan imobilitas, dan mengurangi kualitas hidup. Patah tulang juga bahkan dapat mengakibatkan kematian dini.

Kondisi ini tentunya dapat dicegah. Para ahli berharap, jumlah wanita yang mengalami penyakit penipisan tulang osteoporosis bisa dibatasi.

Berikut adalah lima strategi bagi kaum perempuan untuk memelihara kekuatan otot, mencegah kehilangan tulang, dan mengantisipasi osteoporosis.

1. Latihan fisik

Seorang wanita harus melakukan aktivitas fisik rutin 30-40 menit, sebanyak 3-4 kali seminggu. Aktivitas ini harus meliputi latihan fisik rutin dan angkat beban.

2. Konsumsi asupan yang menyehatkan tulang

Wanita harus mengkonsumsi asupan yang kaya kalsium dan protein disertai sayur dan buah. Selain itu, penting juga bagi wanita untuk mendapat asupan vitamin D dari sinar matahari atau suplemen.

3. Hindari kebiasaan buruk

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.