Kompas.com - 28/10/2013, 14:44 WIB
|
EditorAsep Candra


KOMPAS.com
 — Di antara Anda pasti pernah mendengar bahwa seks merupakan olahraga yang dapat membakar kalori. Namun, ternyata hal ini masih menjadi kontroversi lantaran kalori yang dibakar terlalu sedikit untuk dikatakan sebagai olahraga.

Kendati demikian, sebuah studi baru mengindikasikan, seks dapat membakar kalori seefektif melakukan lari di treadmill selama 30 menit. Peserta studi juga berpendapat, seks lebih menyenangkan untuk dilakukan ketimbang treadmill.

Aktivitas seksual terbukti dapat menjadi jenis olahraga yang baik bagi pria maupun wanita. Para peneliti menemukan, pria mendapat manfaat yang lebih baik karena dapat membakar kalori lebih banyak, yaitu 4,2 kalori per menit, sementara wanita hanya 3,1 kalori per menit.

Sementara itu, kalori yang dibakar selama 30 menit berlari di treadmill membakar 9,2 kalori per menit bagi pria, dan 7,1 kalori per menit bagi wanita. Menurut studi tersebut, meski seks membakar lebih sedikit kalori, yaitu sekitar dua per tiganya dari berlari, aktivitas seks mampu membakar kalori secara signifikan seperti olahraga.

Studi ini melibatkan 21 pasangan heteroseksual yang berusia 18 hingga 35 tahun. Untuk menghitung pembakaran kalori, studi ini menggunakan band khusus yang tidak mengganggu aktivitas yang sedang dilakukan.

Para peneliti meminta peserta untuk melakukan lari treadmill selama 30 menit. Mereka juga meminta peserta untuk mengisi kuesioner tentang jumlah kalori yang mereka bakar selagi berlari di treadmill dan berhubungan seks.

Kuesioner juga menanyakan tentang kepuasan peserta dari aktivitas yang mereka lakukan. Tak mengejutkan, seks menjadi aktivitas yang lebih disenangi ketimbang lari di treadmill. Sebanyak 81 persen peserta menyatakan lebih merasakan kepuasan pribadi dari aktivitas seks.

Rata-rata durasi aktivitas seksual adalah 24,7 menit dengan rentang atau kisaran 10-57 menit. Pria rata-rata membakar 101 kalori dan wanita 69 kalori selama berhubungan seks.

Bahkan, para peneliti mengatakan, mereka yang melakukan hubungan seks dalam waktu yang lama dapat membakar kalori lebih banyak dari rata-rata lari di treadmill, yaitu 306 kalori berbanding dengan 276 kalori.

Sebelumnya, sejumlah penelitian juga mengungkap manfaat seks, antara lain membuat awet muda, panjang umur, bahkan meningkatkan penghasilan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.