Kompas.com - 31/10/2013, 11:29 WIB
Jangan berlari pakai high heels SHUTTERSTOCKJangan berlari pakai high heels
|
EditorWardah Fajri
KOMPAS.com - High heels atau sepatu hak tinggi merupakan aksesori yang seakan wajib dimiliki oleh wanita. Lumrah jika sebagian wanita menggunakan sepatu ini untuk aktivitas sehari-hari, bahkan untuk berlari mengejar bus atau kereta!

Padahal menurut sebuah studi baru asal Ningbo University, China, aktivitas berat seperti berlari jika dilakukan dengan menggunakan sepatu hak tinggi efeknya bisa berbahaya. Salah satu penyakit yang bisa dipicunya yaitu arthritis atau gangguan pada sendi lutut yang dapat membuat kecacatan seumur hidup.

Sebanyak sembilan dari 10 wanita yang terbiasa memakai sepatu hak tinggi melaporkan mengalami pegal, kelelahan, mati rasa, dan bunion pada kaki mereka. Kendati demikian, mereka tetap memilih untuk mengenakannya dengan alasan fashion.

Para peneliti mengukur pergerakan pinggul dan pergelangan kaki pada wanita muda yang menggunakan berbagai macam alas kaki, antara lain sepatu datar dengan hak 1,5 cm, sepatu dengan hak pendek 4,5 cm, dan sepatu dengan hak tinggi 7 cm.

Tim peneliti menemukan, wanita yang berlari dengan sepatu hak tinggi mengalami tekanan yang lebih besar pada lutut dan pinggulnya sehingga memicu kerusakan permanen. Terlebih lagi, pergerakan pergelangan kaki yang menurun dapat berkaitan dengan risiko tekanan yang lebih besar.

Menurut peneliti studi yang dipublikasi dalam International Journal of Biomedical Engineering and Technology tersebut, penggunaan sepatu hak tinggi secara rutin juga dapat meningkatkan risiko osteoarthritis. Tekanan yang lebih besar pada lutut lantaran alas kaki tersebut lah faktor risiko utamanya.

Meski studi hanya dilakukan dengan skala kecil pada wanita berusia 21-25 tahun di laboratorium, namun para peneliti percaya hasil ini dapat diterapkan pula pada skala yang lebih besar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selama ini, sepatu hak tinggi dipercaya dapat membuat kaki wanita lebih ramping. Karena itu, sepatu hak tinggi banyak digunakan guna meningkatkan rasa percaya diri mereka. Namun dengan mengetahui risiko kesehatan di balik itu, para peneliti berharap wanita bisa lebih bijak dalam menggunakannya.


Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X