Kompas.com - 31/10/2013, 16:51 WIB
|
EditorAsep Candra

KOMPAS.com — Mengendarai mobil merupakan salah satu kegiatan yang berpotensi menambah berat badan. Khususnya, ketika berada berjam-jam di dalam mobil karena terjebak macet, dan memilih ngemil sebagai aktivitas yang dapat meredakan kebosanan.

Sementara kalori masuk melalui ngemil, energi yang dikeluarkan dari tubuh sangat sedikit. Alhasil, lama-kelamaan tubuh akan menimbun kalori dan diubah menjadi lemak yang menambah bobot timbangan Anda.

Meskipun berpotensi demikian, mengendarai mobil bukan berarti harus membuat Anda gemuk. Berikut caranya agar berat badan tetap terjaga meski sering mengendarai mobil.

1. Minum
Saat iseng ingin makan sesuatu, Anda bukannya benar-benar harus makan. Anda sebenarnya tidak lapar, tetapi bosan karena tidak melakukan apa-apa. Jika keadaannya seperti ini, maka minum air bisa jadi solusi agar Anda tidak menambah kalori. Siapkan botol minum di mobil agar Anda bisa meminumnya jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

2. Siapkan camilan sehat
Meski minum bisa mengatasi lapar, hal itu terkadang tidak mampu membuat rasa puas akan makanan. Karena itu, cara satu-satunya untuk membatasi kalori yaitu memilih jenis camilan sehat yang rendah kalori. Mulai sekarang, lupakan snack asin dan junk food sebagai pilihan camilan.

Sebagai gantinya Anda bisa mencoba kacang-kacangan, snack batangan rendah kalori, susu almond, atau buah-buahan. Selain itu, ingat, meski camilan sehat, Anda juga harus memperhatikan jumlah yang dimakan. Meski sehat, bukan berarti makanan tersebut bebas kalori kan?

3. Siapkan peralatan olahraga
Meskipun tidak berencana olahraga, penting hukumnya untuk selalu mempersiapkan peralatan olahraga di mobil, seperti sepatu. Hal ini bertujuan agar Anda tidak memiliki alasan tidak berolahraga jika sewaktu-waktu teman mengajak untuk mampir ke gym atau sekadar joging ringan.

4. Dengarkan musik
Saat sedang bosan di mobil, Anda bisa mendengarkan musik yang biasa didengarkan ketika berolahraga. Dengan cara ini, atmosfer untuk berolahraga akan terbangun di mobil, dan bisa jadi Anda pun terbawa untuk melanjutkan olahraga begitu sampai ke tempat tujuan.

5. Bentuk perut Anda
Meski dibutuhkan konsentrasi saat mengendarai mobil, selagi menunggu macet, Anda dapat memanfaatkan ruangan kecil dalam mobil untuk membentuk salah satu otot tubuh, misalnya perut. Jika Anda penumpang, Anda malah bisa lebih leluasa lagi, misalnya dengan melakukan angkat beban dengan botol yang berisi air, dan sebagainya.

Menurut Samantha Heller, pakar nutrisi klinis dari Griffin Hospital di Derby, Connecticut, mengemudi mungkin merupakan keharusan. Namun, sebisa mungkin orang perlu membatasinya untuk tetap sehat. Misalnya untuk menempuh jarak yang tidak begitu jauh, Anda bisa memilih untuk berjalan kaki atau mengendarai sepeda, daripada mengendarai mobil.

"Jika Anda membuat perubahan yang sehat seperti mengurangi jarak mengemudi, maka hal itu baik untuk menurunkan berat badan," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.