Kompas.com - 01/11/2013, 13:28 WIB
|
EditorAsep Candra

KOMPAS.com — Musim hujan identik dengan serangan flu. Penurunan daya tahan tubuh menyebabkan virus penyebab flu mudah menginfeksi tubuh. Meningkatkan daya tahan tubuh menjadi satu-satunya cara untuk menghalau serangan penyakit ini.

Vaksin ternyata bukan satu-satunya cara mencegah serangan flu. Menurut manajer konten kesehatan About.com, Rachel Berman RD, hidangan yang dikonsumsi sehari-hari ternyata juga bisa berperan menjadi benteng terhadap serangan penyakit yang umum diderita masyarakat dunia ini.

Berikut beberapa asupan yang direkomendasikan Berman sebagai pencegah serangan flu.

1. Biji labu ("pumpkin seed")

Biji labu kaya akan kandungan zinc, yang dapat membantu sel darah putih melawan virus dan penyakit. Berbagai olahan berbahan dasar biji labu bisa mencegah rasa bosan mengonsumsi hidangan satu ini.

 2. Tuna

Ikan ini merupakan salah satu sumber selenium terbaik. Selenium melindungi sel tubuh dari bahaya radikal bebas dan meningkatkan ketahanan tubuh. Tentunya tuna bisa diaplikasikan dalam berbagai resep yang nikmat untuk dikonsumsi.

3. Jamur

Jamur penuh dengan kandungan beta glucan, yang membantu tubuh melawan berbagai infeksi. Sup jamur dengan gandum menjadi salah satu resep yang disarankan Berman untuk menghadapi flu.

4. Ubi

Jenis umbi yang sangat populer di Indonesia ini tidak bisa lagi dipandang sebelah mata. Ubi kaya vitamin A, yang melindungi tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas menjadi salah satu faktor yang melemahkan sistem imun sehingga memudahkan infeksi bakteri dan virus.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.