Kompas.com - 14/11/2013, 11:19 WIB
|
EditorAsep Candra


KOMPAS.com —
Musim hujan tiba, risiko penyakit seperti flu umumnya meningkat. Jika tidak menjaga daya tahan tubuh tetap kuat, Anda bisa saja terserang penyakit yang satu itu.

Dr Woodson Merrell, direktur Beth Israel Medical Center untuk Pusat Kesehatan dan Penyembuhan di New York mengatakan, untuk mencegah terkena flu, ada beberapa cara tak umum yang mungkin dapat dilakukan. Berikut penjabaran dari Merrell.

1. Waspada penggunaan antibiotik

Merrell menyoroti kesalahan umum dalam mengobati flu yaitu penggunaan antibiotik. Pasalnya infeksi yang menyebabkan flu adalah disebabkan oleh virus, sementara antibiotik lebih tepat untuk mengobati infeksi yang disebabkan bakteri. Belum lagi, risiko penggunaan antibiotik yang tidak rasional dapat memicu resistensi bakteri sehingga membutuhkan dosis yang lebih tinggi lagi di kesempatan minum antibiotik berikutnya.

2. Hirup uap mentol

Mungkin terdengar seperti nasihat lawas, tetapi menurut Merrell, ini adalah cara yang efektif dalam mencegah ataupun mengobati flu. "Mentol dapat berperan sebagai ekspektoran, dekongestan yang dapat membantu melawan infeksi, baik demam maupun flu," jelasnya.

3. Periksa kadar vitamin D Anda

Tubuh secara alami memproduksi vitamin D, tetapi Anda butuh paparan sinar matahari untuk mengaktifkannya. Namun yang mengejutkan, menurut Harvard School of Public Health, hampir satu miliar orang di dunia kekurangan vitamin D dalam tubuhnya.

"Padahal vitamin D merupakan vitamin yang berperan penting pada sistem imun," ujar Merrell.

Sebuah penelitian di Jepang pada 340 anak menunjukkan, peserta yang diberi suplemen vitamin D 40 persen lebih tahan terhadap flu daripada mereka yang diberi plasebo. Tak hanya untuk flu, vitamin D juga diketahui membantu untuk melawan infeksi apa pun secara umum.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Sumber LiveStrong
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.