Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/11/2013, 08:05 WIB
Tanya:
Dok ibu saya umur 60 tahun,beratnya 48 kg, beliau sakit paru-paru basah dan sekarang keadaannya sudah mulai membaik, tetapi badannya itu semakin hari semakin kurus. Dok sebaiknya pola makan seperti apa yang bisa diterapkan? Apa boleh ibu saya minum susu penggemuk? sekian dan terimakasih dok atas jawabannya.
M Ali Jainudin, 20, Banjarmasin
    
Jawab:
Dear ananda M Ali

Terima kasih kembali atas pertanyaannya,

Setiap individu yang baru sembuh dari sakit pasti membutuhkan zat gizi yang cukup besar untuk memulihkan keadaan umum maupun memperbaiki kerusakan sel yang terjadi selama sakit, apalagi pada mereka yang sudah berusia 60 tahun dan memiliki status gizi yang tidak optimal. Untuk memperbaiki keadaan ini, ada beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain:

* Diet
Lakukan dengan pola 3 J (jumlah, jenis dan jadwal makan).

Jumlah makanan yang diberikan harus disesuaikan dengan kebutuhan kalori. Nah untuk ibunda dapat diberikan sekitar 1.500 kkal/hari (saya tidak bisa menghitung secara tepat karena ananda tidak melampirkan data tinggi badan).

Pada awalnya pemberian dilakukan sesuai dengan kondisi kesehatan dan selera makan ibunda. Jika selera makan belum kembali seperti sediakala, berikan secara bertahap, mulai dari 1.100 kkal. Namun, jika selera makan dan kondisi kesehatan sudah mulai pulih, dapat ditingkatkan secara bertahap.
            
Jenis makanan yang diberikan haruslah yang memenuhi syarat gizi lengkap dan seimbang. Lengkap artinya mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serat dan air, dalam jumlah yang seimbang sesuai kebutuhan. Jadi ibunda sebaiknya tidak hanya mengkonsumsi bubur ayam atau telur saja atau bahkan hanya dengan sayur bening saja, namun sebaiknya juga disertai lauk pauk lainnya.

Demikian juga dengan pemberian buah. Buah sangat diperlukan sebagai sumber vitamin dan mineral yang akan meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Jika ibunda tidak mampu menghabiskan porsi makanan yang diberikan, dapat dicoba dengan menambahkan susu pengganti makan agar mendapat pengganti kecukupan kalori dan zat gizi lainnya.

Apa saja jenis susu pengganti makan yang bisa digunakan? sebaiknya konsultasikan dengan dokter yang merawat. Dan jangan lupa untuk menambahkan vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh jika asupan dari makanan masih kurang.

Jadwal makan diberikan sebanyak 6x sehari yang dikenal sebagai istilah “small and frequent” artinya makanan diberikan dalam porsi kecil namun sering tiap 2-3 jam sekali.

* Istirahat
Istirahat sangat diperlukan bagi mereka yang masuk tahap pemulihan, oleh karena itu usahakan untuk mengurangi kunjungan tamu atau melakukan kesibukan lainnya pada masa pemulihan ini.

Bagaimana dengan susu penggemuk? susu merupakan salah satu sumber protein, lemak, vitamin dan mineral bagi tubuh. Istilah susu penggemuk mungkin ditujukan pada jenis susu yang mengandung tinggi kalori seperti susu full cream, dll.

Pemberian susu penggemuk seperti ini hendaknya ditanyakan terlebih dahulu pada dokter yang merawat dengan mempertimbangkan komposisi yang terkandung didalamnya.

Jika semua cara sudah dilakukan, namun ibunda masih tetap tidak naik beratnya, maka sebaiknya ananda memeriksakan kondisi kesehatan pada dokter yang merawat atau pada dokter gizi yang ada di kota anda.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com