Gairah Seks dan Kadar Trigliserida

Kompas.com - 18/11/2013, 08:53 WIB
Ilustrasi hasil pemeriksaan kolesterol ShutterstockIlustrasi hasil pemeriksaan kolesterol
EditorAsep Candra


TANYA :
 

Dok, saya mau bertanya soal  kadar trigliserida saya yang mencapai  496mg/dl. Saya rasakan ini berpengaruh pada gairah seks saya. Apakan memang  benar  jika kadar trigliserida yang tinggi dapat berakibat pada gangguan seksual ? Apakah dengan trigliserida tinggi saya masih boleh mengonsumsi  telur bebek? Terima kasih dokter atas penjelasannya.. 


(Iswiyanto, 36 tahun, 65 kg, 165 cm, Surakarta)

JAWAB :


Yth Saudara Iswiyanto di Surakarta 
 
Maaf, sejauh ini saya belum menemukan referensi  hubungan langsung antara trigliserida yang tinggi dengan penurunan libido. Tetapi, trigliserida yang tinggi biasanya juga diikuti dengan kadar lipid darah lain yang tidak normal. Biasanya kadar kolesterol total juga tinggi, HDL (kolesterol baik rendah) dan kolesterol jahat (LDL) yang tinggi.

Bila terjadi hiperlipidemi seperti ini, resiko aterosklerosis, penyempitan pembuluh bisa terjadi. Aterosklerosis selain pembuluh darah jantung juga bisa mengenai pembuluh darah ke alat kelamin. Kalau ini terjadi, keluhan ereksi bisa muncul.

 
Disamping itu, kadar trigliserida yang tinggi sering bersamaan dengan penyakit lain, misalnya diabetes mellitus, sindroma metabolik. Diabetes yang lama bisa menyebabkan penurunan libido. Bila saudara tidak ada diabetes mellitus, lipid darah yang lain juga normal, tidak mengkonsumsi obat-obatan penurun kolesterol, obat anti hipertensi (beberapa obat anti hipertensi dapat menyebabkan gangguan ereksi) saya sarankan saudara konsultasi lebih lanjut untuk mencari penyebab penurunan libido yang saudara keluhkan.
 
Kemudian mengenai telur bebek, bila kadar kolesterol lain normal, boleh saja, tetapi jangan berlebihan. Satu butir telor satu hari sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan kolesterol setiap harinya. 
 
Sekian, terimakasih.

 


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X