Kompas.com - 20/11/2013, 15:29 WIB
Penulis Wardah Fajri
|
EditorWardah Fajri
KOMPAS.com — Pola tidur punya pengaruh besar terhadap performa terutama bagi kalangan pekerja yang kerap mengalami kelelahan akibat jam kerja panjang, selain tuntutan pekerjaan yang tinggi. Lantas bagaimana caranya mendapatkan kualitas tidur maksimal?

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, banyak caranya. Pakar menyampaikan, kombinasi tidur dan kafein dapat membantu meningkatkan performa, selain relaksasi, olahraga, serta menjaga asupan makanan.

Dr Jill Dorrian dari Centre for Sleep Research University of South Australia mengatakan, salah satu strategi mengatasi kelelahan adalah mengombinasikan kafein dan tidur untuk tidur singkat, tetapi berkualitas.

"Jika minum secangkir kopi lalu tidur berkualitas 20 menit, kafein masih terasa dampaknya saat bangun, dan Anda akan merasa segar. Kafein juga cenderung mengurangi efek inersia," ungkapnya.

Selain itu, untuk mendapatkan tidur berkualitas, Dr Dorrian merekomendasikan teknik relaksasi. Meditasi untuk mengurangi stres bisa menjadi salah satu caranya. Lakukan rutinitas sebelum tidur dengan tujuan mempersiapkan tubuh untuk beristirahat. Dukung juga cara ini dengan menyiapkan kondisi ruang tidur yang nyaman dan ciptakan suasana romantis. Artinya, jangan ada televisi, jangan membaca, apalagi membawa pekerjaan ke kamar tidur. Membaca hanya dilakukan saat mengalami sulit tidur, bukan ritual sebelum tidur.

"Jika mengalami sulit tidur, dan merasa stres, bangun dan lakukan sesuatu yang menenangkan, seperti meditasi, membaca, atau aktivitas yang menenangkan lainnya. Lalu kembalilah tidur saat merasa lelah. Dengan cara ini Anda takkan kehilangan hubungan antara kamar tidur dan tidur," terangnya.

Untuk mendapatkan tubuh bugar dengan tidur berkualitas, hindari juga konsumsi alkohol sebelum beristirahat. Konsumsi alkohol lebih dari dua gelas memengaruhi tidur. Memang, pengonsumsi alkohol bisa tidur lebih cepat, tetapi bisa tiba-tiba terbangun, dan tidur pun menjadi terganggu.

Orang yang benar-benar sibuk, termasuk mereka yang kerap lembur dan begadang, perlu berstrategi untuk mendapatkan tidur berkualitas. Caranya, sebelum tidur pastikan ruangan gelap, terisolasi dari suara bising, dan set suhu ruang 18 derajat celsius.

Jika ingin tidur siang, alihkan suara mengganggu dengan suara AC atau kipas angin, saran Dorrian.

Selain semua hal itu, olahraga juga punya peran penting. Olahraga rutin membantu Anda tidur lebih baik.

Nah, jika kualitas tidur sudah baik, dan Anda ingin tetap terjaga dengan badan segar saat beraktivitas, perhatikan juga asupan makanan.

"Hindari makanan berkarbohidrat tinggi karena menyebabkan kantuk. Kalau mengantuk, Anda cenderung ngemil makanan manis yang justru membuat badan tak nyaman setelahnya. Untuk menjaga tubuh berenergi, makan snack dengan porsi kecil dari makanan kaya protein dan rendah lemak," sarannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber UniSANews

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.