Kompas.com - 26/11/2013, 11:15 WIB
EditorWardah Fajri
Tanya:
Salam kenal Dokter. Saya ingin bertanya mengenai sumber terbaik dari vitamin D selain sinar matahari apa? Saat musim hujan, tidak mungkin kita akan selalu mendapatkan sinar matahari yang cukup di pagi hari. Sebagai penggantinya adakah alternatif yang merupakan sumber vitamin D terbaik yang lain? Bisakah dokter memberikan rincian nilai gizi (kalori, karbohidrat, protein, lemak, dan serat) dari tahu rebus, putih telur rebus, gula jawa, pepaya, dan pisang? Mohon jawabannya. Terimakasih.

Tiara Kusuma, 21, Yogyakarta

Jawab:
Dear ananda Tiara,
Terima kasih kembali dan salam kenal juga.

Perlu saya luruskan terlebih dahulu bahwa sinar matahari bukanlah sumber vitamin D bagi tubuh manusia, sinar matahari hanya berfungsi mengubah suatu senyawa kolesterol (7-dehidrokolesterol) yang terdapat di kulit menjadi bentuk vitamin D3 untuk kemudian diubah menjadi bentuk aktif vitamin D di ginjal.

Banyak sekali bahan makanan sumber vitamin D bagi tubuh antara lain : susu, ikan (salmon, makarel, tuna, sarden), yoghurt, keju, hati sapi, kuning telur, udang, dll.

Mengenai rincian zat gizi dari bahan makanan dapat ananda lihat penjelasan di bawah ini:
* Tahu rebus 110 gram: kalori (75); karbohirat (7); protein (5); lemak (3); Serat (0,2).
* Putih telur tebus 1 butir: kalori (37,5); protein (5).
* Gula jawa 100 gram: kalori (38,5); karbohidrat (93).
* Pepaya 190 gram: kalori (50); karbohidrat (12); serat (3,4).
* Pisang 50 gram: kalori (50); karbohidrat (12); serat (1,5).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.