Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/12/2013, 12:22 WIB
Tanya:
Saya perempuan usia 21 tahun dengan BB 64 kg TB 163 cm, seingat saya asam urat saya 6,4 dan kolestrol saya 215. Olah raga saya skipping tapi jarang sekali. Saya mahasiswa, sebagian besar kegiatan saya duduk dan berjalan. Bagaimana cara berdiet dan menurunkan kolesterol dan asam urat? Terima kasih
Putri, 21, Surabaya

Jawab:
Terima kasih kembali pertanyaannya.

Dari data laboratorium yang ananda berikan, memang asam urat dan kolesterol total memiliki nilai yang agak tinggi. Adapun kerugian dari asam urat yang tinggi dapat menimbulkan penyakit gout maupun terjadinya batu urat di ginjal. Demikian juga dengan kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner akibat terbentuknya plak di pembuluh darah.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menurunkan kadar asam urat maupun kolesterol total yang agak tinggi, antara lain :

* Diet turunkan kadar asam urat
Asam urat merupakan hasil dari pemecahan purin yang  didapat baik dari makanan maupun dari tubuh sendiri yang memproduksinya. Diet rendah asam urat bertujuan untuk mengendalikan produksi asam urat dalam tubuh dan membantu meningkatkan pengeluaran asam urat dari tubuh. Dalam makanan sehari-hari, jumlah purin yang  dikonsumsi sekitar 600-1.000 mg/hari. Diet rendah purin hanya memperbolehkan seseorang mengonsumsi bahan makanan yang mengandung sekitar 100-150 mg purin/hari.

Hindari mengonsumsi bahan makanan yang mengandung tinggi purin (sekitar 100-1.000 mg purin/100 g bahan makanan) seperti : daging merah, jeroan, roti manis, unggas, daging rusa,  seafood (remis, kepah, kepiting, udang, lobster, scallop, ikan-ikan kecil termasuk ikan teri, hering, makarel, sarden).

Batasi konsumsi (masih boleh dikonsumsi, tetapi dalam jumlah terbatas sekitar 1-2 porsi/hari) bahan makanan yang mengandung purin dalam jumlah sedang (sekitar 9-100 mg purin/100 g bahan makanan) seperti jamur, asparagus, kembang kol, kacang-kacangan, kacang kedelai, pisang, nangka, bayam, jagung manis, tauge, buah yang dikeringkan, dan lain-lain.

Bahan makanan yang mengandung rendah purin diperbolehkan untuk dikonsumsi antara lain buah-buahan dan sayuran segar kecuali yang disebutkan di atas, susu, keju, telur, cereal, pasta, mie, nasi, kopi, cokelat, dan lainnya.

Kurangi konsumsi lemak jenuh karena lemak jenuh akan menurunkan kemampuan tubuh mengeluarkan asam urat. Batasi alkohol, bir, ragi, dan minum air putih dalam jumlah cukup karena akan membantu mengeluarkan asam urat dari tubuh.

* Diet turunkan kolesterol
Kolesterol merupakan bahan seperti lemak yang ada dalam darah. Kolesterol yang berada dalam darah berasal dari tubuh yang mensintesis dan juga dari makanan. Oleh karena itu, anjuran kolesterol sekitar kurang 200 mg/hari bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol darah yang tinggi. Adapun bahan makanan yang kaya kolesterol seperti :

Kuning telur 210 mg/butir
Cavier 94 mg/satu sendok makan
Hati 564 mg/100 gr
Kerang 105 mg/100 gr
Mentega 215 mg/100 gr
Udang 260 mg/100 gr
Cumi 260 mg/100 gr
Fast food 235 mg/100 gr

* Olahraga sebaiknya dilakukan secara teratur dan terukur sebanyak 3-4x seminggu.

* Gaya hidup sehat termasuk mempertahankan berat badan dalam nilai yang ideal. Jika dihitung IMT (indeks massa tubuh) ananda sekitar 24,1, berarti masuk dalam kategori overweight (kelebihan berat badan). Oleh karena itu, ananda usahakan turunkan berat badan hingga mencapai berat badan ideal sekitar 57 kg.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com