Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/12/2013, 16:08 WIB
KOMPAS.com — Scoliosis adalah kelainan yang menyebabkan lekukan abnormal dari tulang belakang. Penyebabnya ada beberapa faktor, yang pertama adalah faktor genetis atau keturunan, kedua adalah kecelakaan, dan yang ketiga adalah cedera saat berolahraga.

Penyebab lain dari scoliosis adalah tidak seimbangnya panjang kaki seseorang sehingga ketika ia melakukan latihan, maka beban akan bertumpu pada satu sisi tertentu.

Jika seseorang telah divonis mengalami scoliosis maka hal yang perlu dilakukan adalah melakukan pemeriksaan secara detail terhadap kondisi kesehatan orang yang bersangkutan agar diketahui aktivitas apa saja yang bisa dilakukan untuk mengurangi atau bahkan menyembuhkan scoliosis.

Berenang menjadi salah satu olahraga yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit akibat scoliosis. Harus diingat bahwa penderita scoliosis mempunyai tubuh yang tidak seimbang, sebagian kuat dan sisi lainnya lemah.

Ada beberapa latihan yang bisa menjadi pilihan bagi penderita scoliosis. Namun, sebaiknya lakukan pemeriksaan rutin dan konsultasikan dengan dokter apakah latihan berikut ini aman bagi Anda.

1. Back up
Caranya, berbaring telungkup dan mengangkat kedua tangan dan kaki bersama-sama.

2. Cobra stretch
Bisa juga dengan mencoba cobra exercise yakni dengan berbaring telungkup, kedua tangan menahan beban tubuh dan mengangkatnya.

3. Alternate superman
Yaitu dengan cara berbaring telungkup, kedua tangan lurus di atas kepala dan kedua kaki mengayun bergantian seperti berenang. Dengan ini Anda bisa melatih otot punggung tanpa perlu berenang.

Seluruh rangkaian latihan bisa dilakukan 20-30 menit. Lakukan pemanasan terlebih dulu agar otot-otot menjadi lentur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com