Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/12/2013, 10:43 WIB


KOMPAS.com — Peneliti Microsoft merancang bra pintar yang bisa mendeteksi stres.

Model purwarupa yang dipamerkan memiliki sensor untuk memantau aktivitas jantung dan kulit untuk memberikan indikasi suasana hati

Tujuannya adalah untuk mengetahui jika teknologi yang bisa dipakai ini dapat mencegah makan berlebihan akibat stres.

Data suasana hati dikirim ke pemakai bra melalui aplikasi ponsel pintar untuk menunjukkan jika "makan emosional" mungkin terjadi.

Tim dari kelompok riset visualisasi dan interaksi meletakkan sensor elektro kardio untuk jantung dan elektro derma untuk kulit di dalam bra.

Dalam dokumen penelitian, tim ilmuwan ini mengatakan menggunakan bra "ideal karena mereka dapat mengumpulkan data EKG (elektro kardio, ritme jantung)".

Sementara upaya untuk menciptakan pakaian dalam dengan fungsi serupa untuk pria kurang berhasil karena letak sensornya terlalu jauh dari jantung.

Perempuan yang mencoba bra pintar itu melaporkan perasaan mereka selama enam jam sehari dalam periode empat hari.

"Pengguna bra purwarupa ini kewalahan karena energi listrik pada bra harus diisi ulang setiap tiga hingga empat jam sekali," kata perancang riset senior Microsoft, Asta Roseway.

Penemuan bra pintar ini menjadi bukti bahwa fitur teknologi yang ditanamkan pada pakaian kini makin banyak dimanfaatkan untuk memantau kondisi kesehatan.

Bulan lalu, bahkan ada ilmuwan yang mengembangkan bra yang terhubung dengan media jejaring sosial Twitter. Akun Twitter secara otomatis akan melakukan tweet setiap kali bra dipasangkan untuk mengingatkan wanita pemakainya untuk mengecek kondisi kesehatan payudaranya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com