Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/12/2013, 16:35 WIB
Unoviana Kartika

Penulis


KOMPAS.com - Ada kalanya, kita sulit untuk berpikir jernih dan fokus dalam mencari solusi. Kondisi tersebut tentu menghambat kinerja, terlebih di saat pekerjaan menuntut untuk tetap produktif menghasilkan karya.

Menurut Han Ni Choong, pelatih yoga dari Inner Peace Yoga Circle, mental block memang dapat dialami siapa saja, namun keadaan tersebut dapat diperbaiki. Salah satunya dengan menggunakan terapi suara, khususnya suara yang dihasilkan dari gong.

"Gong sangat bertenaga memberikan energi yang membuat orang berpikir lebih leluasa, keluar dari batas," ujarnya saat ditemui dalam kelasnya di Namaste Festival, Sabtu (30/12/2013) lalu di Jakarta.

Suara, kata Choong, memberi kekuatan pada semesta, begitu pula pada pikiran manusia. Sayangnya, seringkali kita membiarkannya kacau sehingga menghalangi frekuensi suara yang seharusnya didengar. Sementara gong merupakan instrumen yang pertama dan terakhir dalam pikiran manusia, yang menggantikannya dan menghilangkan batasan-batasan yang dibuat oleh pikiran manusia sendiri.

Dalam kelasnya, Choong awalnya meminta peserta yoga untuk melakukan gerakan-gerakan yoga pemanasan dan latihan pernapasan untuk membantu merileksasi tubuh. Kemudian, dia meminta peserta untuk berbaring sambil menutup mata dan mengatur napas.

Selagi peserta dalam kondisi rileks, Choong kemudian mulai membunyikan dua gong dengan frekuensi suara yang berbeda. Perlahan dia membawa salah satu gong untuk dibunyikan lebih keras dan dekat dengan para peserta.

Kelas Choong merupakan kelas yang cukup diminati di Namaste Festival. Sekitar 20 orang ikut serta dalam setiap kelasnya, dari mulai dewasa, hingga anak berkebutuhan khusus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com