Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/12/2013, 16:28 WIB
Rosmha Widiyani

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com — Kesehatan yang terus terjamin hingga usia lanjut menjadi dambaan semua orang. Dengan organ yang masih sehat, kualitas hidup pada masa tua tentu menjadi lebih baik.

Salah satu organ yang perlu dijaga kesehatannya adalah gigi. Dengan gigi yang baik, seseorang tidak akan kesulitan mengonsumsi makanan berserat atau bergizi lain ke dalam tubuh. Kesehatan gigi yang baik turut menjamin kesehatan dan kualitas hidup.

Menurut sebuah penelitian, harapan ini bisa diwujudkan bila seseorang mau membatasi konsumsi gulanya per hari. Peneliti dari Newcastle University Inggris melaporkan, asupan gula kurang dari 5 persen dapat menekan risiko gigi berlubang sepanjang hidup. Asupan ini dapat berasal dari gula alami seperti yang terdapat dalam buah dan madu, atau gula yang ditambahkan dalam makanan, misalnya dalam kue tart.   

"Saat ini setiap orang berharap kesehatan giginya bisa bertahan sampai tua. Batasan konsumsi gula maksimal 5 persen dari asupan kalori bisa menjaga gigi tetap sehat dan rusak selama hidup," kata Paula Moynihan, peneliti yang merupakan profesor dalam bidang nutrisi dan kesehatan oral.

Hasil riset ini dipublikasikan dalam Journal of Dental Research, dengan merangkum 55 penelitian sebelumnya terkait penyebab kerusakan gigi. Sebanyak 8 riset menunjukkan hubungan antara asupan gula dan gigi berlubang pada kehidupan seseorang.

Gigi yang tetap sehat terlihat pada orang yang mengonsumsi gula kurang dari 5 persen sehari-hari. Jumlah ini setara kurang dari 7 sendok teh bagi wanita dan maksimal 8 sendok teh bagi pria.

Jika batasan ini digunakan sebagai pembatasan asupan gula per hari, maka konsumsi 330 ml atau sekaleng minuman soda akan melanggar anjuran. Pasalnya, dalam sekaleng minuman soda terdapat 8,75 sendok teh atau 35 gram gula sesuai ukuran Inggris.

Aturan asupan ini sekaligus membatasi jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi. Bagi para penyuka soda, sangat disarankan memilih sekaleng minuman soda yang hanya mengandung 5,5 sendok teh gula. Sementara untuk penyuka cokelat, sebaiknya pilih yang mengandung gula hanya 6,4 sendok teh supaya tidak melebihi batas.

Data yang digunakan dalam riset ini berasal dari berbagai belahan dunia, misal daratan Amerika Latin, Kepulauan Karibia, China, dan Afrika Selatan. Terkait sumber data yang beragam, peneliti memperingatkan mungkin saja hasil yang diperoleh berbeda, tergantung pada lokasi dan kebiasaan makan yang berlaku. Meski begitu, riset ini telah menyediakan harapan dan metode bagi yang ingin menjaga kesehatan gigi sampai usia lanjut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com