Kompas.com - 17/12/2013, 11:41 WIB
|
EditorAsep Candra


KOMPAS.com - Sakit kepala tentu sangat mengganggu, apalagi jika terjadi di tengah-tengah aktivitas. Namun sebelum Anda meminum obat pereda sakit, melakukan langkah-langkah sederhana pun dapat membantu mengatasi sakit kepala.

Solusi sederhana dapat menyelamatkan Anda dari kesakitan, kata penasehat kesehatan dari Women's Health Keri Peterson, dokter di Lenox Hill Hospital di New York. Nah, kini setiap sakit kepala menyerang, cobalah langkah-langkah berikut :

1. Taruh ponsel pintar Anda

Sebuah penelitian baru menemukan, mereka yang selalu melihat layar ponsel mereka dari jarak dekat saat berkirim pesan atau membaca situs lebih mungkin untuk mengalami ketegangan pada mata. Padahal hal itu dapat memicu sakit kepala. Maka menghentikan penggunaan ponsel sementara waktu mungkin dapat membantu mengatasinya.

2. Minum air

Jika menjauhkan ponsel tidak berdampak apapun, maka langkah selanjutnya adalah minumlah air dalam jumlah yang memadai. Menurut sebuah penelitian di The Journal of Nutrition, keadaan dehidrasi ringan saja sudah dapat memicu sakit kepala. Maka minum banyak air untuk mengembalikan hidrasi tubuh bisa memperbaiki keadaan Anda dalam hitungan menit.

3. Rileks

Menurut Peterson, ketegangan di otak merupakan salah satu pemicu sakit kepala. Maka buatlah suasana yang membuat tubuh dan pikiran Anda kembali rileks sehingga ketegangan perlahan sirna. Caranya bisa dengan mandi air hangat sambil lakukan pijat dahi menggunakan ujung jari dengan gerakan memutar.

Selagi melakukannya, Anda dapat menarik napas dalam melalui hidung, dan keluarkan dengan mulut perlahan-lahan. Lakukan berulang-ulang hingga tubuh merasa rileks.

4.  Konsumsi herbal

Sebuah penelitian dalam jurnal Headache mengungkap, penggunaan jahe yang bersifat anti-inflamsi dapat meringankan gejala sakit kepala. Jahe bisa dikonsumsi dengan bentuk gel ataupun minuman seperti teh jahe.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.