Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/12/2013, 11:54 WIB
Rosmha Widiyani

Penulis


KOMPAS.com - Setiap pekerjaan memiliki risiko dan tuntutan. Tak jarang di antaranya  harus bekerja lembur demi mengejar target.  Tak terkecuali di kalangan pekerja industri kreatif yang menggantungkan diri pada ide segar dan baru.

Demi menggali ide ini, tak jarang seorang pekerja mengonsumsi suplemen untuk menunjang kinerja mereka.  Diakui oleh Alia dan Miranda, dua perempuan yang bekerja sebagai copywriter, kehidupan pekerja kreatif yang rawan akan stres membuat mereka tidak lepas dari konsumsi suplemen.

"Saya memang mengonsumsi kopi. Tapi saya sendiri membuat janji untuk tidak konsumsi lebih dari 1 gelas per hari," kata Miranda saat dihubungi KOMPAS Health pada Senin (16/12/2013).

Hal senada dikatakan Alia, yang mengatakan kerap berderbar-debar bila mengkomsumsi kafein berlebih. Alia memilih air putih dan camilan sebagai pengganjal rasa kantuk bila deadline kian mendekat. Bila rasa kantuk datang, Alia memilih tidur selama 20-30 menit dengan memasang alarm

Menurut dokter pemerhati gaya hidup, Grace Judio-Kahl, konsumsi suplemen, terutama yang berkafein, memang membuat tubuh tetap terjaga. Namun konsumsi ini tidak baik untuk tubuh, karena meningkatkan kerja jantung hingga menyebabkan rasa berdebar.

"Konsumsi kafein akan meningkatkan kerja saraf simpatik pada tubuh. Saraf inilah yang kemudian membuat tubuh lebih terjaga dan selalu dalam kondisi 'on.' Namun pada sebagian orang konsumsi kafein berlebih akan meningkatkan kerja jantung hingga berdebar-debar," kata  Grace.

Konsumsi kafein, kata Grace, sebaiknya tidak lebih dari 400 miligram per hari. Jumlah ini setara dengan 3 cangkir kopi per hari. Namun jumlah ini bisa berubah bergantung tingkat kepekatan dan ketahanan tubuh.

Bila satu cangkir sudah menimbulkan rasa berdebar-debar, Grace menyarankan untuk segera berhenti mengkonsumsi minuman hitam tersebut.

Daripada kafein, Grace menyarankan pekerja lembur mengkonsumsi suplemen multivitamin.

"Vitamin akan membentengi tubuh dari reaksi peradangan akibat antioksidan dan radikal bebas. Dengan konsumsi multivitamin, maka tubuh pekerja yang kerap lembur bisa tetap sehat," kata Grace.

Jangan terlalu banyak camilan tepung

Selain konsumsi suplemen non kafein, Grace juga menyarankan untuk tidak mengkonsumsi camilan berbahan tepung dan minyak. Konsumsi camilan tersebut berisiko meningkatkan peradangan, akibat banyaknya radikal bebas yang memicu reaksi oksidatif di dalam tubuh.

"Daripada konsumsi junkfood, lebih baik konsumsi sayur dan buah. Daging buah aneka warna mengandung lebih banyak antioksidan dibanding sayuran," kata Grace.

Banyaknya kandungan antioksidan buah bisa dilihat dari cepatnya daging berubah warna menjadi kecoklatan. Semakin cepat daging buah berubah warna, maka kandungan antioksidan makin rendah.

Grace juga menyarankan pekerja lembur tidak mengkonsumsi terlalu banyak gula. Konsumsi gula lebih dari 3 sendok makan per hari meningkatkan risiko resistensi insulin hingga menjadi diabetes

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com