Bakar Lemak Lebih Banyak di Musim Liburan

Kompas.com - 17/12/2013, 17:49 WIB
Rutin berolahraga di usia muda, bisa membantu meningkatkan kualitas hidup di masa tua. ShutterstockRutin berolahraga di usia muda, bisa membantu meningkatkan kualitas hidup di masa tua.
|
EditorAsep Candra


KOMPAS.com -
Libur akhir tahun akan segera tiba. Beberapa rencana liburan mungkin tengah Anda persiapkan. Olahraga pun menjadi hal yang lebih sulit dilakukan.

Meski begitu, praktisi fitness dan pemerhati gaya hidup dari Amerika Serikat, Tina Haupert, mengatakan, musim liburan tidak seharusnya menghentikan rutinitas olahraga. Apalagi, biasanya akhir tahun adalah saatnya orang berpesta. Artinya banyak kalori berlebih yang mungkin Anda konsumsi dan harus dibakar ketika tidak ingin badan jadi melar.

Haupert pun menuturkan tips untuk tetap berolahraga di musim liburan agar Anda bisa membakar lemak lebih banyak, sebagai berikut.

1. Lakukan olahraga di pagi hari

Liburan membuat Anda sibuk dengan jadwal bersenang-senang. Maka daripada terbebani dengan kewajiban olahraga di tengah jadwal bersenang-senang, lakukan olahraga di pagi hari sebelum jadwal tersebut dimulai.

"Pagi hari adalah waktu yang paling tepat karena Anda belum terlalu sibuk. Kalaupun sudah cukup sibuk karena jadwal yang dimulai sejak pagi, maka cobalah untuk bangun lebih pagi dan mulailah berolahraga," ujar Haupert.

2. Rencanakan olahraga bersama keluarga

Liburan adalah waktu di saat Anda dan keluarga punya waktu lebih banyak untuk berinteraksi dan tentunya melakukan hal-hal yang menyenangkan. Kenapa tidak rencana makan-makan diganti dengan olahraga bersama? Selain bisa lebih sehat, olahraga yang dilakukan bersama keluarga akan terasa lebih menyenangkan. Cobalah untuk joging bersama di taman terbuka, atau berenang.

3. Olahraga intensitas tinggi

Merasa tidak ada waktu untuk olahraga di padatnya jadwal liburan? Mungkin olahraga intensitas tinggi lebih cocok untuk Anda. Dengan jenis olahraga ini, Anda dapat lebih menghemat waktu karena bisa dilakukan dalam waktu singkat, namun tetap memberikan manfaat yang sama dengan olahraga biasanya.

Olahraga intensitas tinggi mungkin hanya memakan waktu kurang dari 20 menit, namun sudah dapat membakar kalori setara dengan lari jarak jauh. Kendati demikian, olahraga ini sangat menantang dan mungkin tidak semua orang cocok melakukannya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X