Kompas.com - 27/12/2013, 10:44 WIB
|
EditorWardah Fajri

KOMPAS.com - Kram kaki mungkin pernah dialami oleh hampir setiap orang. Meskipun tidak semua kram kaki menandakan kondisi medis yang serius, namun kondisi tersebut bisa saja mengganggu aktivitas.

Berikut adalah tiga cara untuk meringankan kram otot sehingga tidak sampai mengganggu aktivitas saat mengalaminya.

1. Berjalan di lantai yang dingin.
Menurut Michael Peterson, peneliti dari departemen perilaku kesehatan dan nutrisi dari University of Delaware, sensasi dingin akan menghentikan jalur nyeri pada otot dan mengurangi kejang pada paha, betis, ataupun kaki. Selain berjalan di lantai dingin, alternatifnya Anda juga dapat menggunakan es batu yang ditempelkan pada bagian yang kram.

2. Minum jus acar.
Cara ini aneh, namun efektif. Sebuah studi yang dipublikasi dalam jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise menemukan, minum jus acar akan menyembuhkan kram otot dalam hitungan detik. Para peneliti menganalisa, komposisi dari jus meningkatkan reaksi neurologi yang membantu meringankan ketegangan pada otot.

3. Konsumsi elektrolit.
Peterson mengatakan, kurangnya kadar kalsium, magnesium, dan potasium seringkali menyebabkan kram otot. Karena itu mengonsumsi makanan yang kaya akan elektrolit seperti air kelapa atau pisang dapat membantu mengatasi masalah ini dalam 10 menit. Setelahnya, Anda bisa melakukan peregangan untuk meringankan gejalanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.