Kompas.com - 05/01/2014, 12:39 WIB
|
EditorAsep Candra


KOMPAS.com
- Bagi sebagian orang yang tidak suka minum air putih, minuman ringan (soft drink) mungkin sering dijadikan pilihan untuk mencukupi kebutuhan air harian. Namun kita tahu, minuman ringan tidak begitu menyehatkan dengan gula dan bahan-bahan lain yang ditambahkan ke dalamnya.

Kalaupun beralih pada minuman yang diklaim sehat oleh perusahaan minuman, kita juga belum tentu mendapatkan manfaat yang optimal. Pasalnya, minuman-minuman tersebut juga mengandung gula dan bahkan pengawet. Karena itu, beralih ke minuman alami mungkin bisa jadi jawabannya.

Adalah air infus (infused water), minuman yang sedang digemari di kalangan penggiat kesehatan dalam beberapa waktu terakhir. Sebut saja, Dian Sastrowardoyo atau Susah Bachtiar yang kerap membawa botol minuman berisi air dengan potongan buah di dalamnya. Nah, cara ini mungkin dapat ditiru untuk menjadi lebih sehat.

Menjadi lebih sehat berkat air infus bukanlah hal yang muluk, ini karena air tersebut memiliki rasa segar dan tentunya banyak manfaat. Air infus sebenarnya adalah air yang dimasukin irisan buah, baik itu lemon, timun, semangka, nanas, dan buah-buah lain, bahkan daun mint dan daun-daun lainnya untuk memberikan rasa dari air.

Dilansir dari situs SF Gate, air infus memberikan banyak manfaat antara lain mengandung antioksidan, meregulasi kadar keasaman (pH) tubuh, menjaga kesehatan ginjal, memberikan tambahan vitamin, serta membantu melawan penyakit kronik.

Menurut Kim Chandler, ahli gizi dari Inggris, air infus dapat memberikan rasa pada air sehingga membantu orang untuk mampu minum lebih banyak. "Bahkan air infus lebih baik dari jus atau smoothies karena tidak ada penambahan gula ke dalamnya," ujarnya.

Air infus sejatinya dapat dibuat sesuai dengan selera Anda. Namun ada beberapa jenis buah dan daun-daunan yang memiliki kesegaran dan manfaat yang khusus jika dikombinasikan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Lemon, timun, daun mint, dan stroberi
Lemon dan timun merupakan kombinasi yang baik untuk air infus, daun mint akan menambah rasa segar, dan stroberi akan membuatnya unik.

2. Blackberry, lemon, dan jahe
Jahe baik untuk memberikan semangat pada Anda, penambahannya dengan lemon dan blackberry akan memberikan rasa manis dan segar yang alami.

3. Buah favorit
Cara paling simpel untuk membuat air infus, masukan saja potongan buah favorit ke dalam air, misalnya lemon, apel, atau anggur.

4. Timun dan daun mint
Selain buah, sayuran seperti timun juga dapat digunakan untuk membuat air infus. Campurkan daun mint untuk menambah rasa segar darinya.

5. Lemon dan bluberi
Lemon memiliki rasa segar yang kuat. Sementara bluberi selain memberikan rasa manis, juga mengubah warna air menjadi kemerahan yang menambah selera Anda.

6. Jeruk-jerukan
Lupakan jus atau lemonade, karena jeruk-jerukan kini dapat dibuat air infus yang segar. Gunakan kombinasi lemon, jeruk nipis, dan jeruk dalam air.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.