Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/01/2014, 15:54 WIB


TANYA :

Dok, saya seorang istri  yang sudah menikah selama 12 tahun dan sudah mempunyai anak. Kurang lebih hampir 2 tahun ini saya dan suami sudah tidak pernah berhubungan intim lagi. Dan 3 bulan yang lalu, suami mengaku kalau dia mempunyai kecenderungan biseksual, dan terbukti dia pacaran dengan laki-laki di dunia maya dengan nama samaran. Dok, dia mengaku ingin berubah dan minta maaf pada saya. Apa yang harus saya lakukan dok? Saya ingin suami melakukan terapi dan pengobatan, tapi pengobatan apa yang harus dia jalan? Saya tidak tahu, dan dia juga tidak berusaha untuk mencari pengobatan, dia minta saya menerima saja dan bersabar.  Bagaimana menurut pendapat dokter…

(Indah, 34, Semarang)

 

JAWAB :

 

Biseksual, seperti juga homoseksual, adalah gangguan orientasi seksual, yang tidak selalu mudah disembuhkan menjadi heteroseksual. Tergantung penyebabnya, sehingga tidak selalu dapat diatasi.

Jadi tidak cukup hanya dengan kemauan yang kuat saja, tetapi faktor penyebabnya juga harus ditiadakan. Sebagai contoh, walaupun suami Anda ingin berubah tetapi kalau "pacar prianya" sering "mengganggu" maka mungkin keinginannya menjadi runtuh.

Tetapi kalau Anda memang dapat menerima apa adanya, tentu itu sangat membantu untuk mempertahankan keutuhan perkawinan. Dengan demikian, apakah upayanya untuk berubah kemudian dapat terpenuhi atau tidak, bukan masalah lagi bagi Anda.

Jadi uoaya pengobatan untuk mengubah biseksual menjadi heteroseksual memang tidak mudah.   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com