Hindari 5 Hal Ini sebagai Resolusi Tahun Baru

Kompas.com - 05/01/2014, 16:20 WIB
Ilustrasi jooging ShutterstockIlustrasi jooging
|
EditorAsep Candra


KOMPAS.com -
Beberapa hari di tahun 2014 telah dilewati, namun belum terlambat bagi Anda yang baru mulai menyusun resolusi. Setiap orang pasti berharap resolusi di tahun baru dapat membuat mereka dapat menghentikan kebiasaan buruk dan menggantinya dengan yang lebih baik.

Sayangnya, ada beberapa resolusi yang seharusnya tidak masuk ke dalam daftar Anda. Nah, sebelum mulai menulis resolusi, sebaiknya Anda perhatikan dulu beberapa hal berikut.

1. Menargetkan berat badan tertentu

Menargetkan angka untuk berat badan bukannya akan memotivasi, tapi justru membuat stres. Ini karena berat badan Anda belum tentu turun saat melakukan olahraga. Pasalnya ketika kadar lemak turun, massa otot akan naik sehingga berat badan mungkin tidak akan turun dengan drastis.

Ashley Yandle, pakar fitnes dari Amerika Serikat mengatakan, lebih baik resolusi menurunkan berat badan dikaitkan dengan baju. Saat celana jins lama sudah nyaman dipakai kembali, artinya progres penurunan berat badan sudah mulai berhasil.

2. Menjadi "lebih baik" dalam suatu hal

Seringkali saat membuat resolusi, orang menulis "lebih baik" untuk melakukan sesuatu. Resolusi tersebut mungkin terdengar baik, namun kecenderungannya untuk gagal juga tinggi.

Sebaliknya, menurut Betsy Sobiech, pakar dibidang pertumbuhan dan perkembangan asal Amerika Serikat, lebih baik Anda membuat target-target yang jelas daripada hanya menulis "lebih baik". Misalnya daripada menuliskan "menjadi teman yang lebih baik", Anda dapat menuliskan "mengirimkan kartu ucapan buatan sendiri" atau "melakukan liburan bersama teman-teman."

3. Hilangkan karbohidrat dan lemak dari menu makan

Beberapa metode diet populer menyarankan Anda untuk menghilangkan karbohidrat dan lemak dari menu makan. Hanya saja, menurut Yandle, cara tersebut terlalu ekstrim sehingga orang pun lebih mudah untuk menyerah sebelum berhasil. "Lagipula manusia butuh karbohidrat, protein, dan lemak sehat untuk membantuk tubuh yang sehat," ujarnya.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku

Sumber LiveStrong
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X