Kompas.com - 06/01/2014, 14:40 WIB
Janette Murray-Wakelin (64) dan Alan Murray (68), pasangan yang berlari maraton untuk jarak 41,8 km setiap hari selama setahun. FacebookJanette Murray-Wakelin (64) dan Alan Murray (68), pasangan yang berlari maraton untuk jarak 41,8 km setiap hari selama setahun.
|
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Seiring bertambahnya usia, kebanyakan orang mulai mengurangi frekuensi dan intensitas olahraga. Namun tidak dengan pasangan kakek-nenek ini. Di tahun 2013, pasangan asal Australia ini berlari maraton setiap hari. Ya, setiap hari!

Adalah Janette Murray-Wakelin (64) dan Alan Murray (68), pasangan yang berlari maraton untuk jarak 41,8 km setiap hari selama setahun. Mereka bahkan sedang dalam proses untuk mengitari benua Australia.

Pada malam tahun baru, mereka tiba di Melbourne, menyelesaikan lari ke-365 mereka. Layaknya belum puas berlari selama setahun, mereka kembali melakukan maraton di hari pertama tahun ini, yang tidak bukan adalah lari maraton mereka yang ke-366.

Mereka pun tercatat di Guinness World Record sebagai pelari maraton paling berturut-turut. Menurut laman Facebook pasangan tersebut, mereka telah berlari sejauh 15.716,8 km tahun lalu.

Janette dan Alan adalah pengajar kelas hidup sehat di Australia. Sebelum berlari, mereka mempersiapkan sayuran mentah, serta menu vegan lainnya. Selama berlari mereka seringkali berhenti untuk mengunyah pisang.

"Kami lebih sehat secara fisik dan memiliki energi yang tidak terbatas di usia kami yang sudah 60-an ini, ketimbang ketika kami masih muda," tulis mereka di situs RunningRawAroundAustralia.com.

Kendati mataron setiap hari yang dilakukan pasangan ini sangat menginspirasi, namun aktivitas tersebut belum tentu aman dilakukan oleh setiap orang. Faktanya, penelitian menunjukkan, terlalu banyak berlari sebenarnya tidak baik untuk kesehatan.

Namun, bagaimana pun, yang dilakukan pasangan Janette dan Alan ini patut diapresiasi dan menambah semangat Anda untuk memecahkan rekor pribadi di 2014, kan? Selamat berlari!


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X