Kompas.com - 14/01/2014, 13:47 WIB
shutterstock
EditorAsep Candra


TANYA :

Dok, saya mahasiswa berumur 23 tahun. Saya sering mengalami tekanan darah rendah yang ditandai gejala-gejala seperti pusing, lemas, keringat dingin, kadang pucat dan mual. Dulu saya sempat berobat, namun dokter bilang tekanan darah rendah yang saya derita disebabkan adanya penurunan kadar gula darah. Kemudian, beliau menyarankan untuk minum atau makan yang manis-manis. Pertanyaan saya, apakah benar dok tekanan darah rendah ada hubungannya dengan gula darah rendah ? Lalu langkah apa yang harus saya lakukan? Terima kasih banyak sebelumnya dok.

(Kaka Satria, 23 tahun, 170 cm, 55kg  Bogor)


JAWAB :

Saudara Kaka Satria di Bogor yang Saya hormati.

Menurut beberapa ahli, seseorang dikatakan menderita hipotensi bila tekanan darah sistoliknya kurang dari 90 mmHg atau diastoliknya kurang dari 60 mmHg. Tekanan darah saudara berapa?

Banyak penyebab hipotensi ini, kehamilan, gangguan jantung, gangguan endokrin, dehidrasi ( kurang masukan cairan, kurang minum), perdarahan, reaksi alergi, nutrisi yang tidak baik, dan sebagainya.

Lalu, sesuai dengan pertanyaan saudara, hipoglkemi,  memang dapat menyebabkan tekanan darah rendah, bahkan dapat sampai mengalami syok.

Melihat gejala-gejala yang Saudara sampaikan waktu mengalami tekanan darah ini, pusing, lemas, mual, muntah, keringat dingin, memang kemungkinan tekanan darah Saudara yang rendah bisa disebabkan oleh hipoglikemi atau reaksi hipoglikemi. Namun penyebab lain belum bisa disingkirkan begitu saja, karena gejala tekanan darah rendah pada umumnya seperti itu.

Pada saat Saudara sedang serangan seperti itu, boleh saja minum yang manis. Tetapi untuk selanjutnya, sebaiknya Saudara memilih makanan yang tidak begitu cepat menaikan kadar gula darah saudara, atau makanan yang indeks glikemiknya rendah seperti sayuran dan buah-buahan, makanan yang banyak mengandung serat. 

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X