Kompas.com - 24/01/2014, 18:26 WIB
|
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Perut kembung dapat menjadi indikasi adanya masalah kesehatan. Gangguan ini ternyata lebih kerap dialami perempuan dibanding laki-laki.

Menurut pakar gastroenterologi dan pendiri Digestive Centre for Women, Washington D.C., Robynne Chutkan, hal tersebut dikarenakan saluran pencernaan wanita yang lebih panjang dibanding laki-laki. Akibatnya perempuan dan laki-laki memiliki jalur pencernaan yang sedikit berbeda.

Kendati begitu, kembung sesungguhnya bisa dihindari. Berikut 6 tips mencegah kembung yang dapat diterapkan dalam kegiatan sehari-hari,

1. Kurangi asupan garam

Terlalu banyak garam bisa menyebabkan kembung dan edema. Edema adalah  pembengkakan yang diamati dari akumulasi cairan dalam jaringan tubuh.

Seorang wanita sebaiknya tidak mengkonsumsi lebih banyak dari 1.500 miligram garam per hari. Wanita juga disarankan tidak menambahkan garam pada hidangan dan membatasi penggunaannya saat memasak. Selain itu makanan siap saji tidak boleh ada dalam daftar menu sehari-hari.

2. Makan lebih banyak serat

Mengkonsumsi kombinasi serat, baik yang sifatnya larut maupun tidak, adalah cara efektif untuk tetap sehat. Konsumsi keduanya juga mencegah rasa kembung yang timbul saat yang terjadi konstipasi. Makanan yang kaya serat antara lain jeruk, jamur, raspberry, brokoli, dan kubis.

3. Konsumsi lebih banyak makanan kaya potassium

Potassium membantu menyingkirkan kelebihan air dari dalam tubuh. Mengkonsumsi  asupan kaya potassium seperti pisang, membantu mengecilkan ukuran pinggang. Namun setelah konsumi asupan kaya potassium pastikan untuk latihan, supaya berat tubuh tidak bertambah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.