Kompas.com - 28/01/2014, 18:04 WIB
EditorWardah Fajri
Tanya:
Dokter yang baik hati, saya sudah telat haid selama dua minggu. Hasil test pack positif tapi yang satu garis samar. Setelah ke dokter, beliau bilang saya hamil. Tapi saya tidak mengalami tanda-tanda kehamilan seperti mual dan pusing, hanya payudara sakit. Saya takut seperti pengalaman saya sebelumnya, saya hamil tapi tidak merasakan tanda-tanda kehamilan, ternyata janin saya tidak berkembang. Apakah tanda garis samar dan tidak mengalami tanda-tanda kehamilan itu petanda awal janin tidak berkembang? Mohon pendapatnya dokter. Terima kasih. Ima, 26

Jawab:
Ibu Ima Yth, Bila ibu sudah bisa lihat garis samar pada test pack, maka diagnosisnya adalah ibu hamil. Untuk hamilnya berkembang atau tidak, banyak sekali penyebabnya. Tidak penting ada tanda hamil atau tidak. Yang penting, begitu dinyatakan hamil, ibu harus yakin. Dan selanjutnya seluruh aktivitas disesuaikan dengan kehamilannya. Jangan sampai ibu ragu, karena nanti bisa saja janin tidak berkembang karena ibunya yang selalu khawatir. Semoga segera hamil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.