Kompas.com - 11/02/2014, 15:21 WIB
Penulis Wardah Fajri
|
EditorWardah Fajri
KOMPAS.com — Banyaknya darah yang keluar saat mendapatkan tindakan di dokter gigi berkaitan dengan obat-obatan yang sedang Anda konsumsi. Karenanya, ketika berencana ke dokter gigi, sebaiknya komunikasikan kondisi kesehatan Anda dan obat apa yang sedang Anda konsumsi, baik ke dokter yang meresepkan obat, maupun ke dokter gigi.

Dokter gigi di Texas, Terri Alani, mengatakan bahwa dokter gigi perlu mengetahui obat-obatan yang sedang dikonsumsi pasiennya.

"Obat-obatan yang sedang dikonsumsi bisa berinteraksi dengan tindakan di dokter gigi. Jika pasien sedang mengonsumsi aspirin, maka pendarahannya akan lebih banyak," ungkapnya.

Dengan menginformasikan obat-obatan yang sedang dikonsumsi, dokter gigi mungkin akan berkonsultasi dengan dokter pemberi resep obat terkait risiko yang bisa terjadi berhubungan dengan tindakan medis yang akan dilakukan.

Konsumsi aspirin hanya salah satu contohnya. Kalau pasien mengonsumsi pengencer darah tanpa diketahui dokter gigi, maka, risikonya, pendarahan terjadi lebih hebat saat tindakan dilakukan. Sementara itu, jika pasien mengonsumsi obat penurun tekanan darah tinggi, maka mulut bisa kering dan lebih mudah terinfeksi.

"Banyak interaksi yang bisa terjadi antara tindakan di dokter gigi dan obat-obatan yang sedang dikonsumsi pasien," terangnya.

Oleh karenanya, pasien perlu memperbarui informasi kepada dokter gigi, terutama terkait obat-obatan. Hal ini terlebih lagi jika dokter gigi pun meresepkan obat. Dikhawatirkan, akan terjadi interaksi antar-obat yang bisa merugikan pasien.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber FOX26

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.