Kompas.com - 02/03/2014, 11:34 WIB
|
EditorAsep Candra


KOMPAS.com -
Mungkin benar ada dua nyawa di dalam satu tubuh ibu yang sedang mengandung. Namun, itu bukanlah alasan seorang wanita memiliki pola makan untuk dua orang. Pasalnya sebuah studi baru mengungkap, pola makan "makan untuk dua orang" ketika hamil akan membuat penambahan berat badan begitu cepat pada wanita sehingga mereka cenderung kelebihan berat badan dan obesitas ketika hamil.

Para peneliti menekankan, penambahan berat badan terlalu banyak selama kehamilan akan membuat permasalahan berat badan jangka panjang, termasuk kelahiran prematur. Mereka pun menyarankan agar setiap wanita bisa berkonsultasi untuk batas penambahan berat badan maksimal mereka saat hamil.

"Wanita yang mengawasi berat badannya selama hamil cenderung untuk mencegah komplikasi kehamilan," ujar ketua studi Cynthia Chuang, profesor kedokteran dan ilmu kesehatan masyarakat di Penn State College of Medicine.

Dalam studi tersebut, para peneliti menanyakan pada 29 wanita dengan kelebihan berat badan atau obesitas yang baru saja melahirkan tentang diet mereka, termasuk apakah mereka mengalami mual-mual, dan olahraga selama hamil.

Hasilnya, wanita yang berat badannya bertambah terlalu banyak saat hamil menerapkan pola makan "untuk dua orang". Peneliti juga menemukan kecenderungan wanita hamil untuk mengurangi olahraga dan pilihan makanan sehat, dan menuruti keinginan makan mereka.

Padahal seperti yang diketahui, rekomendasi penambahan berat badan saat hamil tergantung pada indeks massa tubuh seseorang sebelum hamil. Untuk wanita dengan berat badan normal, penambahan yaitu berkisar 11,3-15,9 kilogram. Untuk wanita kelebihan berat badan yaitu 6,8-11,3 kg, sementara untuk wanita obesitas yaitu hanya 4,8-9 kg saja.

Selain itu, peneliti juga merekomendasikan, dalam mengelola kenaikan berat badan, wanita perlu membuat rencana makan dan hati-hati terhadap pemilihan makan mereka. Tak hanya itu, mereka juga perlu tetap cukup berolahraga sesuai anjuran yaitu minimal 150 menit olahraga sedang setiap mminggunya.

Untuk wanita dengan berat badan normal, mereka hanya perlu mengonsumsi tambahan 300 kalori setiap harinya ketika hamil. Jumlah tersebut bahkan lebih sedikit lagi pada wanita kelebihan berat badan dan obesitas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber HEALTHDAY
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.