Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alat Baru Lindungi Perempuan dari HIV dan Kehamilan

Kompas.com - 11/03/2014, 11:27 WIB


KOMPAS.com — Para ahli di Amerika saat ini sedang mengembangkan sebuah metode dan alat baru dalam mencegah penularan HIV. Alat berbentuk cincin intravaginal ini bukan saja diharapkan memberikan efek maksimal dalam mencegah penularan penyakit, tetapi juga mencegah kehamilan.

Cincin intravaginal ini berfungsi secara perlahan mengeluarkan obat antiretroviral dan kontrasepsi. Karena itu, alat baru ini memiliki potensi besar untuk melindungi perempuan dari HIV, herpes, dan kehamilan yang tidak diinginkan.

Cincin itu dirancang untuk tetap pada tempatnya selama tiga bulan, mengeluarkan dosis obat terkontrol, yang sudah digunakan sebagai kontrasepsi dan pencegahan infeksi HIV. Dengan menggantikan pil-pil dosis tinggi yang harus dikonsumsi setiap hari, para peneliti berharap alat itu akan meningkatkan kepatuhan terhadap rejimen obat.

Cincin intravaginal itu dikembangkan selama lima tahun di Northwestern University oleh insinyur biomedis Patrick Kiser dan kolega-koleganya. Menulis di jurnal PLOS ONE, Kiser mengatakan timnya berharap perempuan akan menggunakan cincin itu terutama untuk kontrasepsi, tetapi mereka juga akan mendapat manfaat dari perlindungan terhadap infeksi-infeksi menular seksual.

Alat yang mudah digunakan ini sedang diproduksi saat ini dan akan segera diuji coba pada perempuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com