Kompas.com - 23/03/2014, 09:20 WIB
EditorWardah Fajri
Tanya:
Putra saya baru berumur lima bulan. Ia demam tinggi selama dua minggu. Ketika cek darah di lab, hasilnya sel darah putihnya tinggi sedangkan sel darah merahnya sangat rendah. Dokter beri obat puyer dan antibiotik. Sehari setelah pemberian obat, demamnya makin tinggi. Hari kedua demamnya mulai turun, hari ketiga mencret sampai sembilan kali. Saya beri obat, 30 menit setelahnya, saya beri ASI. Tiga jam kemudian seluruh badannya bengkak merah. Apakah anak saya alergi obat? Karena saya punya alergi antibiotik dan semua obat golongan antalgin dan lainnya.
Dian Hidayati, 28, Bekasi

Jawab:
Ibu Dian yang baik,
Gejala alergi obat dapat saja terjadi pada setiap orang termasuk anak/bayi dan tidak dapat diprediksi sebelumnya, kecuali sebelumnya terdapat riwayat alergi terhadap obat yang sama. Gejala alergi obat dapat bervariasi mulai dari gejala yang ringan seperti kemerahan dan gatal di tubuh hingga yang paling berat seperti syok anafilaktik yang dapat mengancam jiwa apabila tidak ditangani sesegera mungkin.

Tidak ada yang dapat memperkirakan termasuk dokter sepandai apapun terhadap kemungkinan alergi pada seseorang.Sehingga untuk kemudian hari sebaiknya ibu mengenali jenis obat termasuk antibiotik yang menyebabkan gejala alergi pada si kecil, agar dia tidak mendapatkan jenis obat yang sama saat berobat ke dokter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.