Kompas.com - 25/03/2014, 12:00 WIB
EditorWardah Fajri
KOMPAS.com - Semakin aktif seorang ibu akan semakin aktif pula anaknya secara fisik, demikian hasil penelitian di Inggris terhadap lebih 500 ibu dan anak berumur empat tahun.

Tetapi ternyata sebagian besar ibu kurang bergerak, lanjut laporan berdasarkan penelitian Universitas Cambridge dan Southampton itu. Kajian yang diterbitkan inPediatrics tersebut menyatakan kebijakan perbaikan kesehatan anak harus ditujukan kepada para ibu.

Anak-anak tidak aktif bergerak dengan sendirinya. Orangtua memainkan peran penting dalam mengembangkan kebiasaan latihan fisik pada usia muda.

Dalam penelitian tersebut, 554 anak berumur empat tahun dan ibu mereka mengenakan monitor dan mesin pengukur denyut jantung di dada mereka selama tujuh hari. Peserta penelitian mengenakan kedua alat tersebut terus-menerus termasuk saat mereka tidur dan melakukan kegiatan di air.

Kathryn Hesketh, peneliti di Institut Kesehatan Anak di University College London, salah satu pemimpin penelitian mengatakan setiap menit ibu melakukan aktivitas tingkat menengah sampai tinggi, kemungkinan besar anaknya akan melakukan 10 persen dari kegiatan tersebut.

"Semakin aktif seorang ibu, semakin aktif anaknya," katanya.

Dia mengatakan besar kemungkinan jika salah satu pihak aktif maka akan memicu yang lainnya untuk bergerak.

"Meskipun tidak mungkin menyimpulkan dari kajian ini apakah anak aktif membuat ibu mereka harus mengejar mereka, tetapi kemungkinan besar jika salah satu pihak aktif, maka akan menyebabkan yang lainnya banyak bergerak," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.